Pengamat Sebut Dua Tokoh Indonesia Timur Layak Jadi Cawapres Anies

Banuaterkini.com - Rabu, 3 Mei 2023 | 17:21 WIB

Post View : 211

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin menilai dua tokoh Indonesia Timur seperti Syahrul Yasin Limpo dan Amran Sulaiman layak jadi cawapres Anies Baswedan. Foto: BANUATERKINI/JPNN.com

Laporan: Ariel Subarkah l Editor: Ghazali Rahman

Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Ali Armunanto menyebut dua tokoh dari Indonesia Timur cukup layak menjadi pendamping Anies Baswedan sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilu 2024 mendatang.

Makassar, Banuaterkini.com - Pernyataan Ali Armunanto menanggapi pernyataan Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais, beberapa waktu lalu yang menyarankan agar Anies Baswedan mencari figur dari Indonesia Timur sebagai cawapres.

Menurut Ali, kedua tokoh dari Indonesia Timur itu adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan mantan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Menurut dia, tokoh dari Indonesia Timur layak diperhitungkan dalam pertarungan Pilpres 2024.

"Memang selama ini bahwa komunitas Indonesia Timur sebenarnya tersebar di mana-mana, dari Sabang sampai Merauke," kata Ali Armunanto seperti dikutip dari JPNN.com, Selasa (02/05/2023).

Ali menilai sejauh ini solidaritas masyarakat Indonesia Timur yang tersebar di banyak daerah, juga cukup tinggi. Ini menjadi indikator kenapa sosok cawapres dari Indonesia Timur sangat perlu. 

Bahkan kawasan ini bukan hanya sekadar wilayah, melainkan menjadi identitas politik dan itu meliputi wilayah yang luas, seperti Sulawesi, Maluku, Papua, Nusa Tenggara, dan Bali. 

"Di Indonesia Timur bukan hanya sebuah wilayah melainkan sudah menjadi identitas politik dan memang perlu mencari figur dari sini," imbuhnya, dikutip Banuaterkini.com, Rabu (03/04/2023).

Selama ini, kata Ali, tokoh dari Indonesia Timur yang sangat berpengaruh di panggung politik nasional ialah Jusuf Kalla yang pernah menjadi mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Nah, untuk Pilpres 2024 para bakal capres perlu mencari pendamping asal Indonesia Timur.

Dijelaskan Ali, Kedua tokoh tersebut memiliki karakter yang berbeda. Misalnya, Syahrul secara politik sangat bagus, dia pernah menjabat sebagai gubernur Sulawesi Selatan dan saat ini menjadi Menteri Pertanian (Mentan).

"Kalau Syahrul kan sangat populer dan figur yang sudah terkenal," ungkap dia.

Sebaliknya, Amran Sulaiman memiliki kemampuan di bidang bisnis dan pengalaman di pemerintahan juga sebagai Mentan.

"Ya Amran memiliki sisi bisnis dan tentunya finansialnya cukup bagus," pungkas dia.

Diketahui, hingga kini Anies Baswedan belum menentukan siapa yang bakal menjadi cawapres pendampingnya untuk menghadapi pertarungan Pilpres 2024 mendatang. (mcr29/jpnn).

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev