Polusi Udara Jakarta Sangat Parah, DPR Minta KLHK Bantu Lakukan Pengendalian

Banuaterkini.com - Selasa, 13 Juni 2023 | 07:40 WIB

Post View : 17

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI G. Budisatrio Djiwandono dalam Rapat Kerja Komisi IV dengan KLHK di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (12/6/2023). Foto: BANUATERKINI/Parlementari.Gerald/Man.

Laporan: Indra SN l Editor: Ghazali Rahman

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI G. Budisatrio Djiwandono meminta agar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membantu melakukan pengendalian tingkat pencemaran udara di Jakarta yang dinilai sangat parah.

Jakarta, Banuaterkini.com - Budisatrio menyoroti mengenai kondisi air dan udara, yang dinilainya akhir-akhir ini dalam kondisi tidak sehat dan semakin memprihatinkan.

“Saya nggak tahu Bapak/Ibu mungkin memperhatikan (bahwa) akhir-akhir ini banyak juga masyarakat yang memperhatikan kondisi khususnya di Ibu Kota Jakarta yang sangat mencekam dan memburuk," kata G Budisatrio Djiwandono, saat Rapat Kerja Komisi IV dengan KLHK di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin (12/06/2023).

Dikutip dari Parlementaria, Budisatrio mengatakan, kondisi polusi di Jakarta diketahui penjelasan-penjelasan dari tahun ke tahun disebabkan adanya kombinasi dari aktivitas industri PLTU, kendaraan umum dan sebagainya. 

"Atau, mungkin juga disebabkan siklus angin yang memang sudah memasuki angin dari Timur yang bisa memperparah kondisi polusi," ujar dia.

Politisi Fraksi Partai Gerindra itu pun meminta Menteri KLHK untuk secara serius menjadikan isu permasalahan kondisi udara di Jakarta menjadi perhatian khusus.

Sehingga, dirinya mendorong KLHK untuk membuat kajian ilmiah yang mendalam agar mendapatkan solusi atas permasalahan pencemaran udara bukan hanya di Jakarta namun juga daerah lainnya.

“Saya belum pernah melihat adanya studi atau kajian ilmiah yang mendalam yang komprehensif dan disertakan solusi ke depan itu akan seperti apa? kita bicara ini bukan karena Cuma di Jakarta ya, tapi kita mau menjadi ini perhatian untuk daerah-daerah lain yang bisa memperkuat potensi memperparah kondisi udara,”  ungkapnya.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev