DPR Tegaskan Sektor UMKM Berpotensi Besar Serap Tenaga Kerja

Banuaterkini.com - Jumat, 28 Juli 2023 | 20:09 WIB

Post View : 6

Anggota Komisi VI DPR RI Subardi saat mengikuti acara dengan ratusan pelaku UMKM, di kawasan Godean, Sleman, DIY, Rabu, (26/07/2023). Foto: BANUATERKINI/dpr.go.id/Ist/nr.

Laporan: Indra SN l Editor: Ghazali Rahman

Kalangan DPR RI menilai bahwa sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki potensi yang besar untuk menyerap tenaga kerja.

Jakarta, Banuaterkini.com - Hal itu disampaikan Anggota Komisi VI DPR RI Subardi saat bertemu dengan ratusan pelaku UMKM, di kawasan Godean, Sleman, DIY, Rabu (26/07/2023).

Selain itu, Subardi juga menegaskan bahwa basis usaha di UMKM terbukti kuat menghadapi berbagai krisis ekonomi.

Sehingga dengan daya tahan yang kuat, UMKM perlu dikembangkan dengan berbagai kebijakan stimulus karena memperkuat UMKM akan menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi.

"Usaha mikro itu langsung menyerap angka pekerja. Dari sektor ini, perputaran transaksi, produksi dan distribusi berjalan cepat. Ada dampak instan bagi stabilitas ekonomi," kata Subardi dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dpr.go.id, Jumat (28/07/2023).

Dikatakan Mbah Bardi, sapaan akrab Subardi, berdasarkan data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah, pelaku UMKM didominasi usaha mikro dengan persentase 98,68 persen.

Angka tersebut, kata dia, memiliki daya serap tenaga kerja sekitar 89 persen.

"Dengan data itu, Indonesia memiliki basis ekonomi yang kuat," imbuhnya.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev