Terbaru! Survei LPI, Milenial dan Gen Z Pilih Ganjar, Anies Nomor Buncit

Banuaterkini.com - Jumat, 21 Juli 2023 | 17:39 WIB

Post View : 82

Kolase tiga nama tokoh yang diusung sebagai Calon Presiden pada Pemilu 2024 yaitu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo. Foto: BANUATERKINI/Kompas.com.

Editor: Ghazali Rahman

Survei terbaru Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menyimpulkan, mayoritas kalangan milenial menjatuhkan pilihan pada Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) pilihan mereka.

Jakarta, Banuaterkini.com - Menurut data Komisi Pemilihan Umum (KPU), total pemilih muda pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mencapai angka 113 juta jiwa.

Jumlah itu terdiri dari generasi milenial sebanyak 66.822.389 jiwa atau 33,60 persen dari total 204.807.222 pemilih di Indonesia dan generasi Z (46.800.161 jiwa/22,85 persen).

Lantas, kepada siapa generasi muda tersebut akan manjatuhkan pilihan dan dukungannya? Kepada Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, atau Anies Baswedan?

Tampaknya Gubernur Jawa Tengah masih bertengger di posisi pertama sebagai capres paling populer dibandingkan calon lainnya yaitu Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Prabowo sendiri merupakan capres Partai Gerindra yang bekoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa.

Sementara Anies Baswedan merupakan capres koalisi perubahan yang terdiri dari Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat.

Berdasarkan survei LPI, pilihan generasi milenial dan Z, ketiga tokoh tersebut masih menjadi primadona dan potensial bersaing pada Pilpres 2024 mendatang.

Ketiganya juga sangat menyadari potensi pemilih dari kalangan generasi milinial dan Gen Z.

Survei LPI yang dilaksanakan pada 5 hingga 11 Juli 2023 itu, Ganjar mengungguli kedua pesaingnya yaitu Prabowo dan Anies.

Meskipun demikian, persaingan antara ketiganya dirasakan cukup ketat.

Berdasarkan survei tersebut Ganjar Pranowo memperoleh angka 36,18 persen. Sedangkan Prabowo Subianto di angka 33,75 persen, sementara Anies Baswedan di posisi terakhir yaitu 30,07 persen.

Survei LPI ini merujuk sejumlah indikator. Mulai dari rekam jejak, integritas, kompetensi, skill, leadership, nasionalisme, dan keselarasan dengan leadership Presiden Jokow Widodo (Jokowi).

Pada aspek rekam jejak misalnya, Ganjar mengungguli kandidat lainnya dengan angka 37,44 persen. Disusul Prabowo 34,3 persen dan Anies 28,18 persen.

Lalu, dari faktor integritas Ganjar juga unggul dengan 36,27 persen, Prabowo 33,93 persen, dan Anies 29,80 persen.

LPI menyebutkan, bahwa Milenial yang dimaksud dalam survei ini adalah kelompok anak muda yang berpendidikan tinggi mulai D3, S1, S2, hingga S3.

Mereka memiliki rentang umur dari 27 tahun hingga 42 tahun. LPI mengklaim, responden seuvei secara sadar dan aktif mengamati isu nasional dan memiliki pandangan mandiri terhadap isu-isu politik yang terjadi menjelang pemilu 2024, setidaknya selama semester pertama tahun 2023.

Teknik sampling yang digunakan pada riset ini adalah cluster sampling. Di mana subjek yang ditunjuk sebagai sampel adalah berdasarkan berdasarkan pengelompokkan milenial dari setiap kampus di kota atau provinsi.

Berdasarkan teknik sampling tersebut, jumlah sampel yang di peroleh sebanyak 700 responden.

Dengan demikian, margin of error survei ini sebesar 2,8 persen, dengan tingkat kepercayaan kurang lebih 97,2 persen. 

Artikel ini telah tayang di TribunnewsSultra.com dengan judul Survei Terbaru Capres 2024: 66 Juta Milenial Pilih Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan?

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?