Lolos Semifinal AGT, Ini Alasan Band Legend U2 Izinkan Putri Ariani Nyanyikan Lagunya

Banuaterkini.com - Sabtu, 9 September 2023 | 07:47 WIB

Post View : 85

Putri Ariani saat tampil menyanyikan lagu "I Still Haven't Found What I'm Looking For" dari band legendaris U2. Foto: BANUATERKINI/Detik.com

Editor: Ghazali Rahman

Memang luar biasa, tampil membawakan lagu "I Still Haven't Found What I'm Looking For" dari band legendaris U2, Putri Ariani lolos menuju semifinal ajang America's Got Talent (AGT) 2023 di Las Vegas, Amerika Serikat, Selasa (05/09/2023) lalu. 

Jakarta, Banuaterkini.com - Putri tampil membawakan lagu tersebut dengan penuh penjiwaan dan menjadi versi dirinya sendiri. 

Menyanyikan lagu tersebut, ternyata ada makna yang terselubung yang ingin ia sampaikan.  

Putri Ariani tidak hanya handal bernyanyi dan menggubah lagu, tapi juga menunjukkan jati dirinya yang peduli dan perhatian terhadap sesama di dunia.

Pesan terselubung Putri Ariani itu dipaparkan oleh musisi sekaligus pelatih vokal sejumlah artis papan atas Indonesia, Indra Aziz di akun YouTube-nya VokalPlus by Indra Aziz.

"Baru aja selesai nonton penampilan Putri Ariani di qualifiers America's Got Talent dan penampilannya harus saya bilang benar-benar luar biasa ya. Putri menampilkan lagu dari band U2. Band legendaris, yang berjudul I Still Haven't Found What I'm Looking For," kata Indra Aziz memuji Putri, seperti dikutip dari TribunPontianak.co.id.

Lagu yang dibawakan Putri, kata Indra Aziz adalah lagu legend yang menurutnya U2 tidak sembarangan memberikan izin bagi siapapun yang ingin menyanyikannya di acara televisi dunia.

"Yang saya tahu U2 tidak sembarangan memberikan izin bagi orang yang ingin membawakan lagunya di TV. Dan U2 memberikan izin bagi Putri Ariani menyanyikan lagu ini, lagu legendaris," kata Indra, dikutip Banuaterkini.com, Sabtu (09/09/2023).

Menurut Indra, Putri Ariani tampil membawakan lagu U2 dengan master full.

"Karena kenapa, bayangin dia hanya tampil menggunakan grand piano, sendirian di atas panggung. Dan dia memulai performance-nya dengan acapella saja (bernanyi tanpa diiringi alat musik), tanpa iringan, tanpa apa. Benar-benar hanya suaranya dan ekspresinya," ujar Indra.

Bagi Indra, hal itu menunjukkan betapa berani dan betapa percaya dirinya Putri tampai di pentas panggung dunia di AGT 2023.

"Betapa berani dan betapa confidence-nya Putri tampil di depan dunia ya. Ini kan bukan sekedar tampil di Amerika, tapi di dunia. Semua orang menonton dia ya, dengan kostumnya yang unik sekali," kata Indra.

Menurut Indra permainan piano Putri setelah acapella juga sangat apik, karena pilihan chord dan harmoninya sangat berkelas.

"Pokoknya bagi saya itu sangat taste full, sangat berkelas. Yang bikin saya lebih kagum lagi adalah Putri menyimpan nada tingginya atau mungkin nada yang sulit dengan segala macam itu di terakhir," imbuh dia..

"Jadi di depan itu dia nyanyiin melodi yang kita tuh nggak nyangka, oh bisa kayak gini ya dibawainnya lagu itu, dan terakhirnya ada nada tinggi yang bikin semua orang terkesima, termasuk tentu saja Simon Cowell," lanjutnya.

Sehingga menurut Indra sangat wajar penampilan Putri mendapat standing ovation dari seluruh juri dan penonton yang menontong langsung acara tersebut.

"Memang nggak heran sih kalau mereka semua berdiri. Benar-benar penampilan yang sangat tastefull, sangat berkelas dan keren banget," sambung Indra.

Menurut Indra ada satu hal yang membuatnya sedih karena sebagai warga Indonesia, tidak bisa memberikan vote atau suara bagi Putri agar lolos dari babak semifinal AGT.

"Karena menurut official rulesnya, yang bisa vote adalah yang in the fifty United States and the district of Colombia or Puerto Rico. Jadi kita yang di Indonesia nggak bisa ikutan vote, itu yang bikin saya sedih," kata Indra.

Ia kemudian menjelaskan mengenai lagu pilihan Putri, yang menurutnya ada pesan mulia terselubung yang ingin disampaikan Putri kepada dunia, dengan membawakan lagu itu.

"Hal lain yang saya ingin bicarakan mengenai penampilan Putri Ariani di AGT kali ini, adalah mengenai lagu pilihannya," imbuhnya.

"Selain lagu dari band legendaris U2, yang aduh merinding banget ya dengerin Putri bawain lagu ini. Juga song meaningnya ya, Putri Ariani sebagai seorang wanita muda berhijab, seorang muslim menyanyikan sebuah lagu yang temanya sangat spiritual," kata Indra.

Lagu Ini, kata dia pertama kali dirilis tahun 1987 di album U2 The Joshua Tree.

"Bono (vokalis U2-Red) menyebutnya lagu ini tuh semacam lagu Gospel (lagu gereja) dengan spirit yang restless. Jadi bisa dibilang lagu ini adalah tentang pencarian. Dan karena mereka adalah band yang berasal dari Irlandia, maka lagu yang spiritual semacam ini tentu asosiasinya adalah dengan gereja ya, dengan musik Kristiani," papar Indra.

"Bahkan di negara asalnya, lagu ini sering dibawakan di gereja-gereja. Ada juga versi lagu ini di mana U2 membawakannya dengan sebuah choir gospel (paduan suara gereja) yang itu wah keren banget ya. Kalian bisa bisa search di YouTube," ucapnya.

Lalu apa maksud Putri sebagai wanita muda muslim berhijab memilih lagu spiritual yang diasosiasikan dengan gereja?

"Sebuah lagu legendaris yang sering diasosiasikan dengan spiritualisme, dengan gereja. Dibawakan oleh Putri Ariani seorang hijabers dari Indonesia. Ini tentu adalah merupakan pesan perdamaian ya, yang sangat keren banget," ujar Indra.

"Tentu enggak masalah ya kalau Putri bawain lagu ini, karena lagu ini bukan lagu semacam lagu doa. Tapi lagu universal tentang pencarian, pencarian akan sosok Tuhan. Kita bisa lihat di liriknya," tambah Indra.

Dengan begitu Indra menegaskan bahwa Putri ingin menunjukkan atau membawa pesan perdamaian kepada dunia, dengan membawakan lagu I Still Haven't Found What I'm Looking For dari band legendaris U2.

Simon juga memuji cara Putri menggubah lagu 'I Still Haven't Found What I'm Looking For' milik band U2 menjadi versi Putri sendiri.

"Kamu menyanyikan versi kamu dengan sangat indah. Sejujurnya Putri, inilah alasan saya mengapa masih melakukan pekerjaan ini. Untuk momen seperti ini, yang sangat tulus," kata Simon.

"Karena itu sangat indah, saya mau berterimakasih kepadamu," kata Simon.

Sementara Sofia Vergara, juri lainnya mengatakan setiap not dan nada yang dinyanyikan Putri terasa indah dan dalam.

"Saya rasa saya belum pernah mendengar sesuatu yang lebih indah dalam hidupku. Ini sangat spektakuler. Setiap not, membuat kami merasakan luar biasa," kata Sofia.

Apalagi menurut Sofia, lagu yang dibawakan Putri adalah salah satu lagu favoritnya.

"Menurutku ini adalah perfect, perfect, perfect act," kata Sofia.

Sedangkan juri Heidi Klum berkomentar bahwa dalam hati ia mengira yang bernyanyi adalah seorang malaikat.

"Sangat indah, dan saya berharap Bono (vokalis U2) dapat mendengarnya," kata Heidi.

Lalu Howie Mandel, juri lainnya mengatakan penampilan Putri sempurna.

"Petrfection," teriak Howie.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?