Home » Agama

Sempat Diguyur Hujan Lebat, Puluhan Ribu Jamaah Tetap Padati Haul Guru Zuhdi

Banuaterkini.com - Jumat, 31 Maret 2023 | 10:11 WIB

Post View : 37

Suasana jamaah yang Haul ke-3 Abah Guru Zuhdi, Kamis 930/03/2023) malam. Foto: BANUATERKINI/Istimewa.

Laporan: Misbad l Editor: Ghazali Rahman
 
Meski sempat diguyur hujan lebat, tetap tak menyurutkan keinginan puluhan ribu jamaah untuk menghadiri Haul Tuan Guru Zuhdian Noor atau yang akrab disapa Guru Zuhdi yang ke-3, Kamis (30/03/2023) malam.
 
Banjarmasin, Banuaterkini.com - Haul Guru Zuhdi ke-3 yang berlangsung di Komplek Masjid Jami Sungai Jingah Banjarmasin, seolah menjadi lautan manusia yang tak ingin ketinggalan berdoa untuk ulama kharismatik itu.
 
Salah seorang jamaah yang datang dari Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Ramadhansyah mengaku sangat bersyukur bisa mengikuti haul ke-3 Guru Zuhdi. 
 
Menurut Ramadhansyah, meskipun sempat diguyur hujan dan dipadati ribuan jamaah, dirinya mengaku tetap bisa mengikuti haul dengan khidmat.
 
"Hujannya jadi bertambah berkah," ujar pria yang mengaku berprofesi sebagai guru tersebut kepada Banauterkini.com, Jumat (31/03/2023) dinihari tadi.
 
Menurut Kapolres Banjarmasin, AKBP Sabana A Martosumito melalui Kabag Ops Polresta Banjarmasin, Kompol Aris Munandar, diperikirakan ada lebih dari 50 ribu jamaah memadati kawasan Masjid Jami Sungai Jingah Banjarmasin.
 
Panatauan Banuaterkini.com, jamaah meluber sampai menutup kawasan Jalan Sungai Jingah Depan Masjid Jam, Jalan Antasan Kecil Timur, Jalan Antasan Kecil Barat, Jalan Sulawesi hingga Jalan Jahri Saleh, Kota Banjarmasin.

Menurut Aris Munandar, meskipun dihadiri lebih dari 5o ribu jamaah, suasana haul tetap kondusif, aman dan terkendali.

“Kemudian untuk pengamanan, mulai dari persiapan, perencanaan, rapat koordinasi, serta pelaksanaan yang diikuti seluruh stakeholder yang ada, bisa dikatakan aman terkendali,” ujarnya kepada awak media, Jumat (31/03/2023) dinihari.

Diketui, Guru Zuhdi wafat pada 2 Mei 2020 atau bertepatan pada 9 Ramadhan 1441 Hijriyah diusianya yang ke-48 tahun.

Ulama yang dikenal sangat ramah itu meninggal dunia setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Medistra Jakarta. Almarhum didiagnosis mengalami kanker paru dengan diagnosis banding kanker kelenjar getah bening.

Selain petugas kepolisian, tampak sejumlah relawan dari berbagai daerah juga turut ambil bagian melakukan pengamanan dan pengaturan jamaah yang hendak menghadiri haul Guru Zuhdi.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?