BCA Syariah Bakal Hadir di Banjarmasin, Ini Penjelasannya

Banuaterkini.com - Minggu, 7 Januari 2024 | 06:00 WIB

Post View : 9

Ilistrasi nasabah melakukan transaksi di kantor cabang Bank BCA Syariah. Foto: BANUATERKINI/Bisnis/Abdullah Azzam

Laporan: Ahmad Kusairi

Untuk membidik potensi nasabah umat Islam di Kalimantan Selatan (Kalsel), menurut recana Bank Central Asia (BCA) bakal membuka cabang syariahnya di Kota Seribu Sungai ini.

Banjarmasin, Banuaterkini.com - Rencana pembukaan cabang syariah BCA tersebut sejalan dengan semakin besarnya potensi perkonomian syariah di Bumi Lambung Mangkurat.

Menurut Kakanwil Perbendaharaan Kalsel, Syafriadi, rencana pembukaan unit bank syariah di daerah ini dikarenakan semakin meningkatnya pertumbuhan ekonomi syariah yang membutuhkan dukungan dari perbankan syariah.

Syafriadi mengakui perkembangan tersebut dan pihaknya juga sudah bertemu dengan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Kalsel, yang kalau di Pusat dinamakan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Hal itulah, kata dia, yang mendorong kalangan perbankan syariah saling berlomba untuk mendirikan unit bank syariah di Kalsel, salah satunya adalah BCA Syariah.

Dikatakan dia, pertumbuhan perekonomian syariah di Kalsel menginisiasi BCA membuka cabang BCA Syariah di Kalsel.

"Secara syariah Bank BCA Syariah sudah memilikinya di Kantor Pusat Jakarta, kemudian di beberapa daerah lainnya seperti Jakarta, Bandung, dan beberapa kota lainnya di Indonesia," ujar Syafriadi, Rabu (27/12/2023) lalu.

Rencana pembukaan BCA Syariah di Kalsel dibenarkan Kepala Cabang BCA Banjarmasin, Cecep Sofwan Hadi.

Menurutnya, recana pembukaan BCA Syariah sedang dalam telaahan. Bahkan, pada masa pandemi covid lalu BCA Syariah berencana membuka unit syariahnya. 

"Tapi untuk Kalimantan Selatan sedang dalam kajian. Waktu itu, sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia, kami memang sudah punya rencana untuk membuka syariah di Kalsel. Tetapi sedang direview kembali. Mudah-mudahan dalam waktu dekat itu bisa terlaksana," ujar Cecep, Jum'at (05/01/2024) siang.

Dijelaskan Cecep, sebenarnya pelayanan unit Syariah di bank yang dipimpinnya sudah ada. Tetapi, ia juga mengharapkan agar BCA Syariah secepatnya dibuka di Banjarmasin sesuai dengan hasil kajian dari tim Syariah BCA pusat.

Terkait kapan waktu pembukaan BCA Syariah di Kota Seribu Sungai ini, Cecep belum bisa memastikan kapan waktunya.

Cecep juga mengharapkan agar BCA Syariah sudah bisa dibuka dan hadir melayani nasabah dengan sistem syariah tahun 2024 ini juga.

"Tetapi kalaupun tidak hadir di 2024, semoga hadir di 2025. Karena kami terus akan informasikan khususnya ke pada media dan ke manapun, kalau nanti rencana-rencana tersebut bisa diimplementasikan," pungkasnya. ***juns

Editor: Ghazali Rahman

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev