Ibnu Sina Ajak MES Kalsel Bersinergi dengan Pemko Banjarmasin

Banuaterkini.com - Sabtu, 25 Maret 2023 | 13:25 WIB

Post View : 55

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengajak Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kalsel untuk bersinergi dengan Pemko Banjarmasin. Foto: SMSI Kalsel/juns/Misbad

"Di sini berkumpul orang-orang hebat, yang punya pengetahuan, Praktisi dan juga pemerhati, bahkan pelaku keuangan syariah. Jadi saya kira bisa kita sinergikan, Mudah-mudahan di tahun 2023 ini kita menatap kehidupan yang lebih optimis. Seiring berakhirnya pandemi, mudah-mudahan ekonomi kita makin pulih," harap Ibnu.

Sementara itu, Ketua Umum MES Kalsel, Mairijani, menyambut positif ajakan Walikota Ibnu Sina untuk bersinergi. Pasalnya, kata dia, selama ini MES Kalsel sudah berkolaborasi dengan banyak pihak, tak hanya dengan kalangan pemerintah daerah, tetapi juga dengan regulator keuangan seperti Bank Indonesia, otoritas jasa keuangan (OJK) dan yang lainnya.

"Mungkin di tahun 2023 ini, sebagaimana yang disampaikan Walikota Ibnu Sina, kolaborasi yang bisa dilakukan adalah bagaimana MES yang di situ berkumpul para pakar, bisa memberikan penguatan misalnya kepada kalangan UMKM Kota Banjarmasin atau Kalsel. Nanti kami dari MES yang akan memberikan semacam pembekalan dan juga berbagi pengalaman mengenai bagaimana cara pengelolaan dari sebuah usaha," ungkap Mairijani. 

Dikatakannya, melalui kolaborasi antara MES dengan Pemko Banjarmasin maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, diharapkan UMKM semakin kuat kedepannya, dan bisa meningkatkan angka pertumbuhan perekonomian ke depan.

Menyinggung imbauan Ibnu Sina, agar umat Islam di daerah ini melek ekonomi syariah, Mairijani mengakui, bahwa kegiatan literasi keuangan syariah di Kalsel khususnya di Kota Banjarmasin, memang perlu ditingkatkan. 

"Caranya dengan kita terus memberikan sosialisasi pemahaman tentang ekonomi dan keuangan syariah di Masyarakat. Mungkin selama ini mereka ber-Islam, tapi hanya dari sisi ibadah, belum menyentuh aspek-aspek muamalah lagi. Misalnya bagaimana mereka bertransaksi yang seharusnya bebas daripada ribawi," ungkap Mairijani. 

Harapannya, lanjut Mairijani. melalui literasi keuangan syariah, kedepan pemahaman masyarakat Islam mengenai sistem keuangan syariah semakin meningkat di Kota Banjarmasin maupun Kalsel secara umum. (juns/misbad).

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev