Kehadiran Koperasi Dukung UMKM untuk Tingkatkan Perekonomian Kalsel

Banuaterkini.com - Minggu, 11 Juni 2023 | 08:25 WIB

Post View : 16

Pembina KSPPS Jamkrida Sejahtera Merdeka, Suyanto saat memberikan motivasi kepada peserta Uji Kompetensi Manajer Koperasi di Banjarbaru, Jumat (09/06/2023). Foto: BANUATERKINI/SMSI Kalsel/Juns.

Laporan: Misbad l Editor: Ghazali Rahman

Kehadiran koperasi diharapkan mampu memberikan stimulan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Banjarbaru, Banuaterkini.com - Harapan tersebut disampaikan Pembina Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Jamkrida Sejahtera Merdeka, Suyanto, di sela rangkaian acara Uji Kompetensi Manajer KSPPS di Banjarbaru, Jumat (09/06/2023).

Suyanto menegaskan, bahwa kehadiran koperasi ini untuk meningkatkan eksistensi UMKM yang peranannya sangat besar mendukung perekonomian di Bumi Lambung Mangkurat.

Berdasarkan pengamatan Suyanto, ada penjual yang berutang pukul 3 pagi dan pukul pada 3 sore ia harus mengembalikannya dengan bunga 10 persen.

Itulah yang menjadi tantangan, yang mendorong dirinya membentuk koperasi berbasis syariah untuk membantu masyarakat pelaku UMKM dan masyarakat secara umum.

"(Kondisi) itulah yang mendorong saya membentuk koperasi berbasis syariah, karena ingin membantu masyarakat khususnya pelaku UMKM," ujarnya, dikutip Banuaterkini.com, Minggu (11/06/2023).

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar mengharapkan, agar melalui uji kompetensi manajer KSPPS mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) koperasi di Kalsel.

Sebab, kata Roy, dengan memiliki sertifikasi kompetensi dapat meningkatkan kinerja koperasi yang ada di Kalsel.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev