WASPADA! Data Bisa Dicuri Pinjol, Ini Cara Hentikan Pinjol yang Sadap HP

Banuaterkini.com - Minggu, 16 Juli 2023 | 10:01 WIB

Post View : 54

Waspada, data pribadi di HP anda bisa dicuri Pinjol. Foto: Bengkulu Ekspres.

Laporan: Ariel Subarkah l Editor: Ghazali Rahman

Pengguna HP, apalagi yang masih gaptek alias gagap teknologi mesti waspada dan ekstra hati-hati. Apalagi mereka yang sudah terlilit hutang melalui pinjaman online (pinjol). Banyak kejadian yang menimpa para peminjam online yang diancam dengan teror sebar data pribadi.

Jakarta, Banuaterkini.com - Menurut pakar digital financing, data pribadi para peminjam memang sangat rentan dicuri oleh pemilik aplikasi pinjol.

Pencurian data sangat mungkin terjadi, sebab pinjol ilegal memiliki cara untuk mencuri data pribadi dengan menanamkan fitur seperti spyware pada aplikasi-aplikasi yang dipasang oleh pengguna di perangkat selulernya.

Fitur tersebut biasanya berbentuk permintaan izin akses SMS, WhatsApp, lokasi, dan juga kamera ponsel.

Tak jarang Pinjol yang sudah memiliki akses ke data pribadi peminjam, mengancam hingga melakukan teror dengan menyebar data pribadi peminjam (debitur) yang menunggak. 

Secara hukum, tindakan teror terhadap debitur oleh peminjam online adalah tindakan melanggar hukum dan tidak etis.

Beberapa pinjol mungkin terlibat dalam praktik penagihan yang agresif, mengintimidasi, atau menakut-nakuti debitur untuk membayar kembali pinjaman.

Hal ini dapat mencakup ancaman verbal dengan kata-kata kotor, pengiriman pesan intimidasi, atau penyebaran informasi pribadi debitur.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?