Petugas Amankan Buaya Liar di Sungai Guntung Jingah Banjarbaru

Banuaterkini.com - Minggu, 11 Juni 2023 | 17:38 WIB

Post View : 151

Seekor buaya berukuran sekitar satu meter muncul di Sungai Guntung Jingah, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (10/06/2023). Foto: ANTARA/HO-Kapolsek Banjarbaru Utara.

Laporan: Syauqi Azmi l Editor: Ghazali Rahman

Petugas Bhabinkamtibmas Polsek Banjarbaru Utara bersama aparat kelurahan dan warga setempat mengamankan seekor buaya yang berkeliaran di Sungai Guntung Jingah, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (10/06/2023) malam.

Banjarbaru, Banuaterkini.com - Menurut Kapolsek Banjarbaru Utara, Kompol Yopie dikabarkan tidak ada korban jiwa.

“Buaya sudah diamankan oleh petugas, tidak ada korban jiwa,” kata Kompol Yopie Andri Haryono saat dikonfirmasi Antaranews.com, Minggu (11/06/2023).

Ia mengatakan, personel Bhabinkamtibmas bersama warga setempat mengevakuasi buaya tersebut setelah ada laporan buaya berkeliaran pada siang dan sore hari.

Yopie menuturkan penemuan seekor buaya tersebut bermula dari laporan salah seorang warga setempat yang sedang memancing ikan di sekitar sungai.

“Setelah ada laporan, pihak kelurahan setempat bersama petugas serta warga bersama-sama mencari keberadaan buaya,” kata Yopie dikutip Banuaterkini.com.

Dia menyebutkan setelah seluruh pihak bekerja sama menyusuri sungai, akhirnya buaya tersebut ditemukan dan segera diamankan petugas.

Petugas bersama warga setempat bekerja sama mencari keberadaan buaya di sekitar Sungai Guntung Jingah, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu malam (10/6). (ANTARA/HO-Kapolsek Banjarbaru Utara)

Ia mengungkapkan panjang buaya sekitar satu meter dan tidak terlalu besar serta tidak menimbulkan bahaya berlebihan.

Lebih lanjut, meskipun buaya tidak berukuran besar, ia mengimbau warga setempat agar tetap berhati-hati.

Yopie meminta warga tidak beraktivitas di sekitar sungai untuk sementara waktu guna menghindari hal yang membahayakan.

Ia mengatakan kemunculan buaya di sungai tidak terlalu menimbulkan masalah besar karena masih dapat diatasi oleh petugas dan warga setempat.

Dia menyampaikan buaya tersebut diserahkan oleh petugas kepada pihak yang berwenang yakni BKSDA Kalsel untuk dilakukan tindakan lebih lanjut terkait asal usul munculnya buaya tersebut. (Antara).

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev