Plt Ketua Golkar Kubu Raya Bunuh Diri, Sang Istri Mengaku Sempat Diajak Bunuh Diri Juga

Banuaterkini.com - Selasa, 16 Mei 2023 | 17:30 WIB

Post View : 5

Plt Ketua Golkar Kubu Raya, M Iqbal Zafarullah (kiri). Proses pencarian M Iqbal Zafarullah di perairan Sungai Kapuas wilayah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat pada hari kedua, Senin (15/5/2023) (kanan). Korban diketahui terjun ke Sungai Kapuas usai mendaftar sebagai bacaleg di KPUD Kubu Raya, Minggu (14/5/2023). Foto: Tribun Pontianak/Wartakotalive.com

Laporan: Rissa Rismani l Editor: Ghazali Rahman

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Partai Golkar Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar), M Iqbal Zafarullah dikabarkan meninggal dunia dalam aksi bunuh diri dengan menceburkan dirinya ke Sungai Kapuas. Ia bahkan sempat mengajak sang istri turut bunuh diri bersamanya. 

Pontianak, Banuaterkini.com - Sebelumnya, korban sempat mengajak sang istri untuk bunuh diri bersama. Namun, sang istri menolak. Hingga akhirnya di turun dari kendaraan dan melompat dari atas jembatan ke sungai.

Dikutip dari wartakotalive.com,  nyawa M Iqbal tidak tertolong setelah sempat tenggelam beberapa jam di sungai yang dikenal memiliki dasar yang dalam itu.

Diketahui, sang istri yang dilanda kepanikan segera meminta bantuan seusai suaminya menceburkan diri ke sungai.

Sejumlah warga berdatangan yang mengetahui kejadian tersebut kemudian menghubungi aparat kepolisian. Tak lama puluhan TIM SAR mulai berdatangan ke lokasi kejadian.

Mereka segera melakukan pencarian terhadap M Iqbal yang tak juga nampak di permukaan. Diduga, M Iqbal tenggelam di dasar sungai atau terbawa arus. Proses pencarian sempat mengalami kesulitan.

Sehari pencarian, sosok M Iqbal belum juga ditemukan. TIM SAR yang melakukan pencarian akhirnya menemukan M Iqbal dalam kondisi meninggal dunia.

Jasad korban ditemukan dalam kondisi mengapung pada Senin (15/05/2023) malam. Ia diketahui terjun ke Sungai Kapuas pada Minggu (14/05/2023).

Menurut Kepala Basarnas Pontianak, I Made Junetra, lokasi penemuan jasad itu, diketahui berjarak 3 kilometer dari titik korban terjun di Sungai Kapuas.

"Hari ini pada pukul 18.49 WIB, korban berhasil ditemukan oleh tim SAR Gabungan. Dengan jarak 2 Nautical Mile dari lokasi kejadian, tepatnya ke arah hilir," kata Junetra, Senin (15/05/2023), seperti dikutip dari TribunPontianak.com. 

Setelah ditemukan, jasad M Iqbal kemudian dibawa oleh tim SAR ke RSUD dr.Soedarso, Pontianak. Jenazah kemudian dibawa ke kediamannya di Komplek Anugerah Asri, Jalan Tabrani Ahmad, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak.

Saat tiba dirumah duka, tangis keluarga pun pecah ketika peti jenazah diturunkan dari mobil ambulans. Terdengar suara sang istri memanggil nama almarhum M Iqbal. 

"Mana ayah, kemarin ayah mengajak jalan," tutur lirih sang istri, saat melihat jasad suami diturunkan dari mobil ambulans, Senin malam, dikutip dari TribunPontianak.com. 

Begitu juga dengan keluarganya yang lain. Tangis bersahutan mengiringi kedatangan jenazah Iqbal. Setelah diurus, jenazah segera dimakamkan di lokasi yang dipersiapkan sebelumnya. 

Hingga berita ini diturunkan, Polres Kubu Raya mulai melakukan pendalaman motif korban bunuh diri kepada sejumlah saksi. 

Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat, menerangkan, pihaknya telah memeriksa empat dari total lima saksi.

Satu-satunya yang belum dimintai keterangan adalah saksi kuci yakni istri dari Almarhum. Istri M Iqbal Zafarullah jadi saksi kunci karena berada dalam mobil yang sama dan menyaksikan langsung sang suami terjun ke Sungai Kapuas.

"Kami sampai saat ini juga masih melakukan pendalaman terhadap saksi-saksi yang ada," kata Arief, dikutip Banuaterkini.com, Selasa (16/05/2023).

Turut diperiksa juga keluarga korban. Sementara istri korban belum bisa diperiksa karena masih mengalami shock.

"Karena masih kondisi shock, jadi nanti kami berikan informasi lebih lanjut," pungkas Arief.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?