Polda Kalsel Ringkus Jaringan Penggelapan BBM Bersubsidi di Kebun Kelapa Sawit

Banuaterkini.com - Minggu, 18 Juni 2023 | 20:52 WIB

Post View : 65

Barang bukti penggelapan BBM jenis solar di di area perkebunan Kelapa Sawit PT Surya Langgeng Sejahtera (SLS), Kecamatan Kalumpang, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Minggu (18/06/2023). Foto: ANTARA/Humas Polres HSS.

Laporan: Jessika Tan l Editor: Ghazali Rahman

Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) berhasil meringkus jaringan pelaku dan penadah pidana penggelapan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar, di area perkebunan Kelapa Sawit PT Surya Langgeng Sejahtera (SLS),  Kecamatan Kalumpang, HSS, tepatnya di Apdeling OK Blok 17.

Kandangan, Banuaterkini.com - Kasi Humas Polres HSS, Ipda Ardiansyah Machzar, mengatakan dua orang pelaku dijerat dengan pasal Pasal 374 KUHP dalam tindak pidana penggelapan dalam jabatan, sementara satu orang pelakunya menjadi penadah, dijerat pasal 480 KUHP tentang tindak pidana pertolongan jahat.

"Dari keterangan yang telah digali petugas kita, para pelaku ini telah beraksi pada kurun waktu bulan Februari 2023 sampai dengan Mei 2023, dan kasus ini telah dilaporkan pihak manajeman PT SLS kepada kita agar diproses menurut ketentuan hukum yang berlaku," ujar Ardi, Minggu (18/06/2023).

Dijelaskan Ardi, dua pelaku penggelapan yang telah diamankan, NOR (51) dan SL (34), keduanya merupakan warga Desa Bago Tanggul, Kecamatan Kalumpang, sementara pelaku penadah, AR (45), warga Jalan Pihanin Raya, Kecamatan Daha Selatan, HSS.

Dikutip dari Antaranews.com, Ardi mengungkapkan kronologis pengungkapan kasus tersebut.

Dikatakan Ardi, kasus tersebut mulai terungkap berawal ketika Sabtu (13/06/203) sekitar pukul 05.15 Wita saat dilaksanakan patroli di areal perkebunan PT. SLS, tepatnya di Afdelling OK Blok 29 para saksi bersama pelapor bertemu dengan seseorang, yang mengemudikan perahu kecil bermesin yang di atasnya terdapat beberapa derijen yang diduga berisi solar milik PT SLS.

Pelapor dan saksi berusaha memberhentikan terduga pelaku, kemudian terduga pelaku mematikan mesin perahunya tetapi terduga pelaku berupaya melarikan diri dengan terus mengayuh perahunya.

Kemudian terduga pelaku berkata kepada pelapor dengan posisi di atas perahu sambil mengayuh, dia berucap “saya cuma membeli saja dari Pak SL, kalau disuruh berhenti, hari ini juga saya enggak mengambil lagi”.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?