WOW! KPK Temukan Dugaan Aliran Dana Korupsi SYL ke NasDem

Banuaterkini.com - Sabtu, 14 Oktober 2023 | 05:35 WIB

Post View : 98

Eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat ditangkap KPK. Foto: BANUATERKINI/Riau Pos.

Editor: Ghazali Rahman

Ini kabar mengejutkan. Ternyata dugaan korupsi miliaran rupiah yang dilakukan eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo alias SYL, selain untuk kepentingan pribadi juga diduga mengalir ke Partai NasDem.

Jakarta, Banuaterkini.com - Dugaan aliran dana korpsi SYL yang mengalir untuk kepentingan Partai NasDem tersebut disampaikan Wakil Ketua KKP, Alexander Marwata dalam keterangannya di Gedung Merah Putih, Jumat (13/10/2023).

Dikutip dari Tempo.co, Alex menegaskan, pihaknya tengah mendalami dugaan tersebut dan berkoordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau PPATK. 

 

“Kami memiliki informasi yang tak bisa disampaikan dari mana asalnya. Apalagi laporan PPATK itu laporan intelijen. Kami tak bisa menggunakan LHP PPATK itu sebagai alat bukti dalam proses persidangan,” kata Alexander Marwata, seperti dilansir dari Tempo.co, Sabtu (14/10/2023).

Selanjutnya, kata Alex, KPK akan menelusurinya, mengingat KPK memiliki surat kuasa dari para penyelenggara negara yang melaporkan ke PPATK. 

“Nanti kami akan meminta bank terkait untuk membuka laporan transaksi, dan dari situlah nanti akan menelusuri ke mana saja aliran uang yang bersangkutan itu,” ujar Alex. 

Kendati demikian, Alex menjelaskan KPK tak akan menanyakan berdasarkan pada LHP PPATK.

Pasalnya, itu hanya dijadikan dasar sebagai laporan agar bisa meminta bank menelusuri lebih lanjut rekening yang bersangkutan.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev