Basarnas Pontianak Kirim Tim Penyelamat ke Pulau Serasan

Banuaterkini.com - Rabu, 8 Maret 2023 | 07:57 WIB

Post View : 9

Tim penyelamat dari Basarnas Pontianak pada Selasa pagi (7/3/2023) berangkat menuju ke Pulau Serasan di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, untuk membantu mengevakuasi korban tanah longsor. Foto: Antaranews/Humas SAR Pontianak.

Editor: Ghazali Rahman

Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Pontianak di Provinsi Kalimantan Barat mengirim tim penyelamat untuk membantu mengevakuasi korban bencana tanah longsor di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Pontianak, Banuaterkini.com - Dikutip dari Antaranews.com, Kepala Basarnas Pontianak I Made Junetra mengatakan bahwa tim penyelamat dari Basarnas Pontianak berangkat menuju ke Natuna dari Dermaga SAR Sungai Durian pada Selasa (07/03/2023) sekitar pukul 06.00 WIB.

"Tim terdiri dari rescuer (penyelamat), ABK (anak buah kapal), dan potensi SAR. Diperkirakan malam tim sudah tiba di Serasan," kata Junetra, dikutip Banuaterkini.com, Rabu (08/03/2023).

Dia mengatakan bahwa tim Basarnas Pontianak dibekali dengan peralatan pendukung upaya pencarian dan pertolongan. 

"Tim berangkat menggunakan Rescue Boat 214 serta peralatan APD urban SAR, chain saw, peralatan mountaineering, tandu, peralatan komunikasi, navigasi, medis, dan peralatan yang dibutuhkan selama pelaksanaan operasi SAR di Serasan," katanya.

Menurut dia, tim penyelamat dari Basarnas Pontianak akan bertugas di bawah kendali operasi koordinator misi SAR di Pulau Serasan.

"Tim kami sifatnya melakukan BKO, tim sepenuhnya akan di bawah kendali SMC (SAR Mission Coordinator) di sana," kata dia.

Menurut data Posko Penanganan Bencana, bencana tanah longsor yang terjadi di Pulau Serasan telah menyebabkan 10 orang meninggal, 47 orang hilang, dan sejumlah orang terluka. 

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?