Banjir Kiriman dari Tabalong Kembali Terjang Beberapa Wilayah di Amuntai

Banuaterkini.com - Selasa, 28 Februari 2023 | 19:26 WIB

Post View : 1

Ketua RT 01 Murung Sari Amuntai, Rizki Prihidayat di depan rumah warganya yangg terendam banjir, Selasa (28/02/23). Foto: Antara/Eddy A.

Laporan: Misbad l Editor: Ghazali Rahman

Sejumlah titik lokasi di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali terendam banjir. Air Sungai Tabalong dan Balangan kembali meluap dan menggenangi wilayah pemukiman dan ruas jalan.

Amuntai, Banuaterkini.com - Wilayah pemukiman yang tergenang banjir terparah berada di beberapa desa di Kecamatan Banjang, bahkan genangan banjir juga merendam pemukiman dan ruas jalan utama di Kota Amuntai.

"Banjirnya kiriman dari Tabalong, sementara banjir di Tabalong sudah surut," ujar Rizki Prihidayat, salah seorang warga RT.01 Kelurahan Murung, Amuntai, Selasa (28/02/2023).

Rizki mengatakan, dari informasi yang ia terima,  Kabupaten Balangan yang berupakan bagian dari hulu asal banjir kiriman juga sudah tidak habar terjadinya banjir.

Seperti dilansir Antaranews.com, banjir di dua kabupaten mengalir kawasan yang lebih rendah yakni di wilayah Kabupaten HSU  yang menjadi titik pertemuan Sungai Tabalong dan Sungai Balangan, sehingga rawan tergenang banjir.

Air Sungai sudah meluber ke pemukiman dan ruas jalan Kota Amuntai sejak Minggu (26/02/2023) hingga Selasa sore belum ada tanda-tanda akan surut.

Rizki yang juga Ketua RT.01 Murung Sari mengatakan, jika banjir sudah dua kali terjadi di pada Bulan Februari namun intensitasnya masih lebih kecil dibanding banjir besar yang pernah melanda Kota Amuntai. 

Ia mengaku belum menyampaikan laporan data warganya yang terdampak banjir karena masih berupa banjir biasa. Namun ada sebagian warga nya yang tempat tinggal nya terendam 100 % coba diusulkan untuk mendapat bantuan.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?