Bappedalitbang Banjar Gelar FGD terkait RAD Pembangunan Berkelanjutan

Banuaterkini.com - Jumat, 13 Oktober 2023 | 14:10 WIB

Post View : 17

Bappedalitbang Banjar menggelar FGD terkait penyusunan RAD TPB 2022-2026. Foto: BANUATERKINI/Info PUblik Banjar/Misbad.

Laporan: Misbad

Untuk mendapatkan masukan terkait penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), Badan Perencanaan Pembanguan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar menggelar Focus Group Discussion (FGD).

Martapura, Banuaterkini.com - Acara yang digelar selama dua hari 11-12 Oktober 2023 di ruang rapat Bappedalitbang Banjar itu dilaksanakan Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi membahas berbagai masukan dan penyempurnaan dalam rangka menyusun RAD TPB Kabupaten Banjar 2022-2026. 

Untuk diketahui, TPB atau Sustainable Development Goals (SDGs) adalah komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Oleh karena itu, TPB/SDGs menjadi salah satu acuan dalam pembangunan nasional dan daerah, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan.

Pada kegiatan FGD ini masing-masing ruangan dipimpin oleh Kepala bidang yang mengampu pada masing-masing pilar pembangunan.

Mereka juga didampingi oleh tenaga ahli serta perwakilan dari BPS Kabupaten Banjar tentang sinkronisasi data dan koreksi yang diperlukan pada penyusunan RAD TPB oleh tim ahli guna penyempurnaan.

Menurut Nashrullah Sadiq, kegiatan FGD ini merupakan bagian dari komitmen global dan nasional yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah perbaikan pembangunan yang inklusif, melalui proses perencanaan dan pelaksanaan yang bersifat partisipatif.

Selain itu, RAD TPB/SDGs merupakan upaya-upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan yakni, tanpa kemiskinan, kelaparan, kehidupan yang sehat dan sejahtera, pendidikan yang berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi layak, energy bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, industry, inovasi dan infrastruktur yang dirangkum ke dalam 4 pilar pembangunan,” jelasnya, dikutip Banuaterkini.com, Jumat (13/10/2023).

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev