Ini Daftar Anggota DPRD Kalsel Terpilih, Nasdem Naik Signifikan, PDIP Terjun Bebas

Banuaterkini.com - Senin, 27 Mei 2024 | 22:13 WIB

Post View : 111

Gedung DPRD Kalsel yang ada di Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin. BANUATERKINI/Antara.

Hasil Pemilihan Umum (Pemilu) Anggota Legislatif Provinsi Kalsel cukup mengagetkan. Pasalnya, jumlah anggota legislatif (Aleg) terpilih yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang sebelumnya 8 orang turun drastis hanya menempatkan 3 orang kadernya di DPRD Kalsel.

Banuaterkini.com, BANJARMASIN - Dikutip dari laman KPU.go.id, pada Pemilu 2019, PDIP Kalsel berhasil menempatkan 8 orang kadernya dan menempatkan salah seorang kadernya di kursi Wakil Ketua DPRD Kalsel.

Sayangnya, hasil Pemilu legislatif tahun 2024 partai yang diketuai putri Proklamator, Megawati Soekarno Putri itu cukup memprihatinkan, lantaran harus rela kehilangan 5 kursi.

Tidak demikian halnya dengan Partai Golkar Kalsel, justru mengalami kenaikan kursi di DPRD Kalsel, dari yang sebelumnya hanya 12 kursi mendapatkan tambahan 1 kursi menjadi total 13 kursi. 

Peroleh kursi tersebut menempatkan Partai yang diketuai Airlangga Hartarto itu kembali menjadi orang nomor satu di 'Rumah Banjar", sebutan untuk kantor DPRD Kalsel.

Demikian juga halnya dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Jika pada Pemilu 2019, kedua partai berbasis agama Islam ini masing-masing hanya mendapatkan 5 kursi, pada Pemilu 2024 kedua partai ini mampu menaikan raihan jumlah kursi menjadi masing-masing 6 kursi. 

Yang cukup mencebangkan justru Partai Nasdem. Partai yang dipimpin Surya Paloh ini berhasil menempatkan diri sebagai runner up, karena berhasil mendapatkan 10 kursi.

Angka tersebut bertambah 6 kursi dibandingkan raihan kursi pada Pemilu 2019 lalu yang hanya mendapatkan 4 kursi.

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev