Kemah Bela Negara Berakhir, Ka Kwarnas: Saya Bangga Semua Pihak Kompak

Banuaterkini.com - Minggu, 16 Juli 2023 | 21:37 WIB

Post View : 25

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel, Raudhatul Jannah, saat memberikan hadiah pada peserta KBN 2023 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Sabtu (15/07/2023). Foto: BANUATERKINI/Wasaka/Adpim).
images (4)

Laporan: Syauqi Azmi l Editor: Ghazali Rahman

Kemah Bela Negara (KBN) Tingkat Nasional Tahun 2023 yang berlangsung mulai 10-16 Juli 2023 di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah berakhir pada Sabtu, (15/07/2023). Kegiatan yang berlangsung selama sepekan itu berjalan lancar karena kerjasama semua pihak yang solid.

Martapura, Banuaterkini.com – Ketua Kwartir Nasional (Ka Kwarnas) Budi Waseso, dalam sambutan penutupan KBN yang dibacakan Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Gerakan Pramuka Kalsel Raudhatul Jannah, memberikan apresiasi kepada berbagai pihak yang terlibat dalam kegiatan KBN selama sepekan itu di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalsel.  

Menurut Budi Waseso, dirinya merasa bangga melihat semua pihak solid, kompak, proaktif dalam kegiatan ini.

“Saya sangat bangga dan bahagia, melihat semua pihak yang solid, kompak, proaktif dalam kegiatan ini, terutama adik-adik peserta yang telah menunjukkan semangat bela negara selama berkegiatan berlangsung,” kata Budi Waseso, dikutip Banuaterkini.com, Minggu (16/07/2023).   

Dikutip dari wasaka.kalselprov.go.id, Budi Waseso menegaskan, sebagaimana tema KBN 2023 yakni “Bergerak Membela Negara Kesatuan Republik Indonesia,” merupakan tema yang tepat untuk membangkitkan semangat adik-adik Pramuka dari pengaruh budaya asing yang belakangan menginfiltrasi Indonesia melalui berbagai cara belakangan ini.

“Budaya-budaya luar ini dapat mempengaruhi jiwa dan budi pekerti masyarakat Indonesia. Untuk itu, mari kita membela NKRI agar jangan sampai masyarakat, terutama anak-anak muda kita, jatuh ke hal-hal yang menjerumuskan, yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan di berbagai lini kehidupan,” lanjutnya.

Baca Juga :  Bawaslu Tanah Bumbu Lantik dan Latih 36 Anggota Panwascam

Untuk itu, Budi Waseso berharap kepada semua peserta Kemah Bela Negara 2023 agar terus menjadi garda terdepan dalam membela NKRI.

Segala bentuk pengetahuan dan berbagai informasi yang di dapat selama mengikuti kegiatan, menurutnya dapat dijadikan bekal untuk terus menyebarkan semangat persatuan dalam membela bangsa dan negara di daerahnya masing-masing.

“Terakhir, saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan panitia penyelenggara atas terselenggaranya Kemah Bela Negara ini hingga dapat berjalan sukses dan lancar,” sambung dia.

Secara terpisah Wakil Ketua Kwartir Nasional yang juga Ketua Komisi Bela Negara Brigjen (Purn) Hasto Pratisto Yuwono, menyampaikan rasa bangga atas terlaksananya KBN 2023 di Kalsel.

Upacara penutupan KBN 2023 di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalsel, Sabtu (15/07/2023). Foto; BANUATERKNI/Wasaka/Adpim).

Menurutnya, penyelenggaraan KBN 2023 di Kalsel patut ditiru dan dapat menjadi role model bagi kwarda-kwarda yang ada di seluruh Indonesia ketika nantinya terpilih menjadi tuan rumah KBN 2024 mendatang.

“Kita tunggu musyawarah nasional akan diselenggarakan bulan Desember tahun ini di Aceh. Siapa pun yang terpilih harus bisa seperti Kalsel atau bahkan lebih” ucapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih juga kepada Pemerintah Provinsi Kalsel yang luar biasa bekerja keras, dan kepada panitia serta Kwarda Kalsel yang telah menjadi tuan rumah yang ramah dan nyaman bagi seluruh peserta.

Baca Juga :  Pasca Robohnya Ikon Ketupat Sungai Baru, Warga Mengaku Keberatan Pagar Bambu KWM

Sementara itu, Panitia Kemah Bela Negara dari Kwarda Kalsel, Agussalim, dalam laporannya menyampaikan bahwa seluruh kegiatan berjalan lancar dan aman sesuai rencana.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta bergerak dengan sistem satuan terpisah antara kegiatan putra maupun putri sesuai dengan metode sistem kepramukaan.

“Pendidikan karakter, seperti peduli lingkungan, kekompakan, persatuan dan rasa cinta tanah air dibangun selama kegiatan KBN tahun 2023 dalam berbagai kegiatan, baik di alam terbuka maupun di dalam ruangan,” ujarnya.

Menurut Agus, salah satu langkah inisiatif yang dilakukan peserta selama kegiatan adalah dengan memilah dan menghimpun sampah plastik sebanyak 304 Kg dengan nilai uang sebesar Rp320 ribu.

“Mudah-mudahan, kebiasaan baik yang dibangun selama kegiatan ini, menjadi kenangan dan pelajaran berharga bagi adik-adik pramuka ketika pulang ke daerahnya masing-masing,” pungkasnya.

Pada penutupan KBN 2023 tersebut, juga diserahkan sejumlah penghargaan kepada pemenang lomba mini vlog kategori Kwartir Daerah.

Juara 1, Regu Prios dari Jawa Tengah dengan nilai 172 poin, juara 2 regu Sakura dari DKI Jakarta dengan nilai 166 poin, dan juara 3 regu Cempaka dari Kalimantan Timur dengan nilai 154 poin.

Sementara itu, juara mini vlog kategori Kwarcab, juara 1 regu Dahlia dari Kota Banjarmasin dengan nilai 170 poin, juara 2 regu Anggrek dari Hulu Sungai Utara dengan nilai 146 poin dan juara 3 SMP Karang Intan dari Kabupaten Banjar dengan 145 poin.

Baca Juga :  Dinas PUPR Kalsel Gelar PUPR Idol di Ajang Kalsel Expo 2023

Selanjutnya, penyerahan Cendra Mata dari Kwarda Sulawesi Tengah kepada Kwarnas dan Kwarda Kalsel sebagai panitia pelaksana KBN 2023. (md/Adpim).

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev

You cannot copy content of this page

Apa yang bisa kami bantu?