Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Batulicin Terjadi pada Hari ‘H’ lebaran

Banuaterkini.com - Minggu, 7 April 2024 | 15:23 WIB

Post View : 7

Lokasi Pelabuhan Batulicin saat penumpang masuk Foto: BANUATERKINI/ cah/koranbanjar.net.

Diperkirakan puncak arus mudik yang menggunakan jasa angkutan sungai penyeberangan di Pelabuhan Fery Batulicin terjadi pada hari 'H' Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Banuaterkini.com, BATULICIN - Prediksi tersebut disampaikan Manajemen PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Persero Cabang Batulicin maupun Tanjung Serdang, saat dimintai komentarnya terkait puncak arus mudik menjelang lebaran tahun 2024 in, Rabu (10/04/2024) lalu.

"Kami perkirankan kenaikan penumpang kapal dari dua pelabuhan tersebut akan membludak hingga 33 persen atau mencapai 800 orang/hari dibadingkan dalam kondisi norma," kata Manajer Usaha PT ASDP Persero Cabang Batulicin Zainal, di Batulicin, Minggu (06/04/2024).

Dikutip dari antaranews.com, Zainal menjelaskan, bahwa meningkatnya penumpang atau pemudik pada hari 'H' lebaran karena tradisi warga lokal kotabaru maupun Batulicin melaksanakan silaturahim atau halal bihalal kerumah kerabatnya usai melaksanakan sholat Idul Fitri.

"Usai halal bihalal mereka langsung balik kerumah, sehingga pada saat itu penumpang kapal akan membludak secara signifikan," ujarnya.

Untuk mengantisipasi antian panjang pada momen tersebut, pihak ASDP akan mengoparasikan tujuh unit kapal dengan jumlah pelayaran sebanyak 76 trip.

Pihaknya juga akan mengopersikan empat dermaga guna mempercepat proses bongkar muat penumpang kapal. Bahkan setiap kapal hanya diberi batas waktu tertentu saat bersandar.

"Artinya, ada penumpang atau tidak ada penumpang jika batas waktu kapal bersandar di pelabuhan sudah habis maka kapal tersebut wajib meninggalkan pelabuhan atau berlayar," tegasnya.

Dijelaskan Zainal, Hingga saat ini kondisi penumpang di Pelabuhan Tanjung Serdang maupun Palabuhan Batulicin relatif normal rata-rata jumlah penumpang mencapai 200-300 orang, kendaraan roda dua mencapai 300-400 unit, kendaraan roda empat mencapai 160 unit perhar.

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev