Tanah Bumbu Terus Berbenah Menjadi Kota Serambi Madinah

Banuaterkini.com - Jumat, 24 Maret 2023 | 11:06 WIB

Post View : 175

Salah satu bentuk komitmen mewujudkan Tanah Bumbu sebagai Serambi Madinah, DInas PUPR Setempat sedang membangun pintu gerbang dengan simbol al Quran di atasnya dan relief dengan arsitektur Islam, yang dibangun di perbatasan Kabupaten Tanah Laut-Tanah Bumbu Jl Ahmad Yani kilometer 164 Sungai Danau. Foto: BANUATERKINI/Diq.

Laporan: Misbad l Editor: Ghazali Rahman

Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu untuk menjadikan Kota Bersujud sebagai Kota Serambi Madinah, terus digalakkan dengan menyiapkan sumberdaya manusianya hinga menyiapkan berbagai berbagai infrastruktur penunjangnya. 

Batulicin, Banuaterkini.com - Penyiapan sumberdaya manusia, misalnya dilakukan dengan membangun rumah para penghafal quran (rumah tahfiz), dengan tujuan mempersiapkan generasi Qurani dan para penghafal al Qur’an

Sehingga di masa mendatang, Kabupaten Tanah Bumbu sudah memiliki calon pemimpin, yang akan selalu menundukan kepala kepada Allah SWT.

Kebijan lainnya yang juga sudah disiapkan adalah dengan membuat program 1 Desa 1 Mesjid (1D1MP). Tujuan program ini adalah menyediakan fasilitas kepada umat Islam Tanah Bumbu, untuk tidak saja sebagai sarana ibadah tetapi tempat merumuskan dan membuat kebijakan yang berpihak pada umat dan masyarakat.

”Saya ingin, Tanah Bumbu seperti Kota Madinah, masjidnya terang benderang dan 24 jam buka,” kata Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar, dikutip Banuaterkini.com dari Aktualkalsel.com, Jumat (24/03/2023).

Selain itu rumah tahfiz dan masjid di setiap desa, Pemkab Tanah Bumbu juga menyiapkan berbagai berbagai simbol dengan gaya arsitektur Islam, seperti batas daerah, simbol-sombol ke-Islaman di setiap sudut wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Seperti halnya daya tarik utama Kota Madinah yang memiliki Masjid Nabawi dengan ornamen atau relief yang menarik. Itulah sebabnya, jutaan orang setiap tahunnya mengunjungi Kota Rasul ini.

Masjid Nabawi tidak berfungsi sebagai masjid sebagai sarana ibadah umat Islam semata, tateapi saat itu Nabi Muhammad SAW sekaligus memanfaatkannya sebagai tempat pergerakan perjuangan menyebarkan Islam ke seluruh jazirah Arab.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?