TRC BPBD Banjar Atasi Karhutla di Sungai Sipai

Banuaterkini.com - Minggu, 27 Agustus 2023 | 08:18 WIB

Post View : 12

TRC BPBD Kabupaten Banjar bersama sejumlah tim relawan melakukan pemadaman Karhutla di wilayah Sungai Sipai, Martapura. Foto: BANUATERKINI/MC Kabupaten Banjar/Misbad.

Laporan: Misbad l Editor: Ghazali Rahman

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar memberikan respon cepat terhadap laporan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Sungai Sipai, Martapura.

Martapura, Banuaterkini.com - Peristiwa Karhutla tersebut terjadi pada Jumat (25/08/2023) siang, setelah 3 hari sebelumnya wilayah yang berada di Komplek Asabri Desa Sungai Sipai, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar tersebut terbakar.

TRC BPBD Kabupaten Banjar langsung merespon laporan Karhutla tersebut dengan mengerahkan personelnya baik tim 1 maupun tim 4 untuk melakukan penanganan.

Tiba di lokasi kejadian, tak hanya tim TRC BPBD Banjar, di tempat yang rawan terjadi bencana Karhutla tersebut sudah ada sejumlah relawan lainnya yaitupersonel Radio Amatir Penduduk Indonesia (RAPI) dan Emergency Banjar Respon (EBR). 

Tim Penanganan tersebut langsung melakukan tindakan pemadaman di lokasi terjadinya Karhutla dengan menggunakan sarana 1 unit truk tangki, 1 mobil komando, 2 mesin alkon dan 4 roll selang.

Tidak memerlukan waktu yang lama, sekira 30 menit melakukan pemadaman tim gabungan  berhasil menjinakka kobaran api yang membakar semak belukar di kawasan tersebut.

Menurut salah seorang anggota TRC, luas area lahan yang terbakar mencapai 1 hektar.

"Luasan lahan yang terbakar sekitar 1 hektare," ujarnya. (IP Kab. Banjar/Brigade BPBD)

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev