Wakil Ketua DPRD Kalsel Hj Mariana Ajak Masyarakat Menjaga Nilai-nilai Pancasila

Banuaterkini.com - Selasa, 28 Mei 2024 | 04:42 WIB

Post View : 5

Wakil Ketua DPRD Kalsel, Hj Mariana saat mengajak masyarakat Satui untuk menjaga nilai-nilai Pancasila. BANUATERKINI/Humas DPRD Kalsel/Sayri.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimanran Selatan (Kalsel) Hj. Mariana mengajak masyarakat untuk menjaga nilai-nilai Pancasila dan menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Banuaterkini.com, BANJARMASIN - Hj Mariana menyampaikan hal itu dalam kegiatan Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Ideologi pancasila yang diangkat sebagai tema “Pancasila dan Semangat Persatuan”,  di hadapan warga Desa Satui Barat, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (24/05/2024).

Ketua DPW Partai Gerindra Kalsel ini mengajak warga setempat untuk memperkuat persatuan dalam berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain didunia, sehingga bangsa Indonesia tetap maju dan tetap ada sepanjang zaman.

“Perkecil perbedaan dan perbesar persamaan, Kita semua bersaudara satu bangsa, satu tanah air, satu negara dan satu tujuan,” kata polisiti perempuan yang akrab disapa Hj Ana ini.

Dikutip dari laman dprdkalselprov.id, kegiatan Silaturahmi dan Dialog Kebangsaan menghadirkan narasumber dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tanah Bumbu Halidie.

Menurut Halidie, Pancasila dapat menyatukan keberagaman etnis Budaya dan Agama, contonya seperti Gereja dan Mesjid yang saling berdampingan.

“Kalau hari Jumat, halaman gereja itu jadi tempat parkir bagi umat muslim. Begitu pun sebaliknya ketika hari minggu, halaman mesjid menjadi tempat parkir bagi pengunjung gereja. Saling bahu membahu dan saling menjaga,” tutur Sekretaris Bakesbangpol Tanah Bumbu itu. 

Hal ini menjelaskan, ujarnya, bahwa Pancasila sebagai tali silaturahmi untuk pemersatu hendaknya dijadikan etos bangsa dan media untuk merajut kembali persatuan bangsa. 

Tak hanya itu, Pancasila juga mengeratkan hubungan antar agama dan antar etnis di tengah gencarnya pengaruh budaya dari luar yang tidak sesuai dengan ideologi bangsa. 

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev