BMKG Balikpapan Perkirakan, Kaltim Hujan Petir Berlangsung Hingga Senin

Banuaterkini.com - Minggu, 12 Februari 2023 | 21:52 WIB

Post View : 20

Infografis prakiraan cuaca di Kota Samarinda pada Minggu-Senin (12-13) yang dirilis BMKG Balikpapan, Sabtu (11/2). Foto: Antara/ HO BMKG Balikpapan.
images (4)

Laporan: Masri l Editor: Ghazali Rahman

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan semua daerah di Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan lebat hingga hujan petir disertai angin kencang berdurasi singkat pada Minggu-Senin (12-13/02/2023), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

Balikpapan, Banuaterkini.com – Diperkirakan hujan yang disertai petir dan angin kencang tersebut dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan kemungkinan longsor.

“Dampak dari peristiwa tersebut antara lain berupa banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Yudha Satrio Oktavandi di Balikpapan, Sabtu.

Dikutip dari Antaranews.com, informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Adapun 10 kabupaten/kota yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut antara lain di Kota Balikpapan, pada Minggu sekitar pukul 08.00 dan 11.00 Wita, hujan ringan hingga petir terjadi di Kecamatan Balikpapan Kota dan Balikpapan Timur, pukul 20.00 dan 23.00 jika petir di dua kecamatan tersebut.

Di Kota Samarinda pada Minggu pukul 11.00, 14.00, 20.00, dan 23.00 Wita, hujan ringan terjadi di semua kecamatan, pada Senin dini hari diprakirakan hujan petir di semua kecamatan, dan Senin pukul 05.00 Wita, hujan petir di Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan.

Baca Juga :  Sederhanakan Birokrasi dan Cegah Korupsi ASN, Pemprov Kaltim Lakukan Tiga Langkah Ini

Di Kota Bontang pada Minggu sekitar pukul 23.00 hingga Senin pukul 05.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bontang Selatan, Bontang Barat, dan Bontang Utara.

Kabupaten Kutai Kartanegara pada Minggu sekitar pukul 14.00 Wita, hujan sedang hingga hujan lebat diprakirakan terjadi di Kecamatan Tenggarong, Muara Badak, Tabang, Loa Kulu, dan Marang Kayu, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan.

Minggu pukul 20.00 dan 23.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir di Kecamatan Muara Badak, Muara Muntai, Sebulu, Tabang, Kembang Janggut, Kenohan, Kota Bangun, Marang Kayu, Muara Kaman, dan Muara Wis.

Pada Senin sekitar pukul 02.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir di Kecamatan Muara Badak, Muara Muntai, Sebulu, Tabang, Anggana, Kota Bangun, Loa Janan, Marang Kayu, Muara Kaman, Muara Wis, Samboja, dan Sanga-Sanga.

“Di Kabupaten Berau pada Minggu pukul 17.00 Wita, hujan petir di Kecamatan Tanjung Redeb, Kelay, Gunung Tabur, Sambaliung, Segah, Teluk Bayur, pukul 20.00 hingga Senin pagi di Kecamatan Kelay, Batu Putih, dan Kecamatan Segah,” pungkasnya. 

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev

You cannot copy content of this page

Apa yang bisa kami bantu?