RANS303 INDOSEVEN RANS303

Ciptakan Wirausaha Baru, Pemko Samarinda Beri Stimulus Tiap RT Rp100 Juta

Redaksi - Kamis, 25 Januari 2024 | 05:45 WIB

Post View : 1

Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso (kiri) saat berbincang dengan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Kalimantan Timur Puguh Harjanto. Foto: BANUATERKINI/Antara Kaltim/HO-DPMPTSP Kaltim.

Laporan: Hasbullah

Pemerintah Kota (Pemko) Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan stimulus masing-masing sebesar Rp100 juta kepada tiap rukun tetangga (RT) sebagai upaya menciptakan 10.000 wirausaha baru bagi warga Kota Tepian ini.

Samarinda, Banuaterkini.com - Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi Wongso menyebutkan, bahwa stimulus tersebut merupakan salah satu program prioritas Pemko Samarinda dalam rangka meningkatkan gairah kewirausahaan di masyarakat.

"Program ini sebagai salah satu program prioritas Pemerintah Kota Samarinda. Kami memberikan berbagai kemudahan dan fasilitas bagi para pelaku usaha di Kota Samarinda, mulai dari pelayanan perizinan, bantuan modal, hingga pelatihan keterampilan," kata Rusmadi Wongso, di Samarinda, Rabu (24/01/2024).

Dikutip dari Antaranews.com, Rusmadi mengemukakan, melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (Probebaya) kepada 1.992 RT di Samarinda, masyarakat bisa memulai usaha baru.

Pemerintah terus melakukan pembinaan dan pelatihan melalui digitalisasi hingga memberikan modal usaha melalui dana Probebaya tersebut.

Ia menambahkan, pemerintah kota juga terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya legalitas usaha Nomor Induk Berusaha (NIB) dan bagaimana kemudahan perizinan khususnya sektor ekonomi kreatif.

"Di zaman era digital saat ini telah banyak tersedia platform atau marketplace baru untuk memudahkan masyarakat untuk memulai usaha apalagi ada juga e-Katalog yang sudah terintegrasi dengan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE)," ujar Rusmadi.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa pemerintah daerah telah bekerja sama dengan para pengusaha besar yang ada di Samarinda, yakni dengan mengundang narasumber berpengalaman hingga menggelar beragam pelatihan, seperti pelatihan sablon, pemasaran berbasis digital, membuat konten, salon, kuliner, craft, dan lainnya.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev