Dukung Ketahanan pangan di IKN, Pemprov Kaltim Bakal Buat Usaha Terpadu

Redaksi - Minggu, 31 Maret 2024 | 10:00 WIB

Post View : 4

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik saat meninjau Museum dan Galeri Dayak milik H Syaharie Jaang di Batu Cermin Samarinda. Foto: BANUATERKINI/Antara Kaltim/HO-Adpim Pemprov Kaltim.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) bakal membuat usaha terpadu dalam upaya mendukung ketahanan pangan dan pengembangan wisata di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Banuaterkini.com, SAMARINDA - Pejabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik menyatakan, bahwa sudah seharusnya Pemprov Kaltim memiliki usaha terpadu untuk mendukung ketahanan pangan dan pengembangan wisata bagi masyarakat di IKN.

"Untuk mendukung ketahanan pangan dan pengembangan wisata bagi masyarakat di IKN, maka sudah seharusnya kita memiliki usaha terpadu,” kata Akmal Malik, seperti dikutip Antaranews.com, Minggu (31/03/2024).

Akmal Malik yang didampingi Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim Siti Farisyah Yana serta tokoh masyarakat dan politik Decky Samuel menyampaikan hal itu saat mengunjungi lokasi Museum dan Galeri Dayak milik Syaharie Jaang di Batu Cermin Samarinda, Sabtu (30/03/2024).

Menurut Akmal, usaha terpadu yang dimaksudkan adalah kegiatan usaha atau rumah produksi yang tidak meninggalkan unsur budaya maupun obyek wisata di sekitar kegiatan produksi tersebut.

Akmal mengatakan pihaknya merencanakan pembangunan rumah produksi pisang atau digoreng secara kering. Sehingga memerlukan lahan yang luas dan terjangkau. Bahkan, jika perlu ada kombinasi wisata.

“Di sini produksinya, tanam dan pengemasan,hingga dipasarkan. Baik lokal, nasional hingga internasional. Terutama mendukung kebutuhan pangan IKN,” jelasnya.

Karena itu, Akmal bersama sejumlah pihak akan berkoordinasi untuk pengembangan usaha terpadu tersebut.

“Terutama pengelolaan itu dilakukan oleh petani milenial yang ada di daerah," harap Akmal Malik. (Antara).

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev