Antisipasi Gangguan saat Pencoblosan, Bawaslu Kaltara Petakan TPS Rawan

Redaksi - Selasa, 13 Februari 2024 | 08:39 WIB

Post View : 0

Anggota Bawaslu Kaltara Kordiv Pencegahan, Pengawasan Partisipatif dan Humas Arif Rochmah. Foto: BANUATERKINI/ANTARA/Susylo Asmalyah.

Untuk mengantisipasi gangguan dan hambatan saat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Utara (Kaltara) memetakan TPS yang rawan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Tarakan, Banuaterkini.com - Saat pelaksanaan pemungutan suara tinggal hitungan jam, Bawaslu Kaltara terus melakukan koordinasi pengawasan agar tidak terjadi gangguan atau hambatan saat masyarakat hendak menggunakan hak pilihnya, Rabu (14/04/2024).

"Bawaslu Kaltara petakan TPS rawan pada Pemilu 2024 untuk mengantisipasi gangguan ataupun hambatan di TPS pada hari pemungutan suara," kata Anggota Bawaslu Kaltara Kordiv Pencegahan, Pengawasan Partisipatif dan Humas Arif Rochmah di Tarakan, Selasa (13/02/2024).

Dikutip dari Antaranews.com, menurut Arif sudah Pemilu yang semakin dekat, sehingga perhatian terhadap TPS rawan menjadi semakin mendesak, sehingga mengantisipasinya, Bawaslu Kaltara melakukan pemetaan TPS yang rawan.

Dikatakan, dari hasil pemetaan terdapat tujuh indikator TPS rawan yang paling banyak terjadi khususnya di wilayah Kaltara.

Dalam penilaian terkini yang dilakukan oleh Bawaslu Kaltara, inilah indikator yang telah diidentifikasi sebagai penyebab rawannya TPS tertentu.

Untuk rawan keamanan ada 22 TPS yang memiliki riwayat terjadi kekerasan dan 14 TPS yang memiliki riwayat terjadi intimidasi kepada penyelenggara pemilu.

Kerawanan kampanye ada 14 TPS yang terdapat praktik pemberian uang atau barang pada masa kampanye dan masa tenang di sekitar lokasi dan enam TPS yang terdapat praktik menghina menghasut diantara pemilih terkait isu agama, suku, ras, antar golongan di sekitar lokasi.

Sedangkan kerawanan untuk netralitas ada 11 TPS yang terdapat petugas KPPS berkampanye untuk peserta Pemilu.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev