Pemkab Bulungan Awasi Perkembangan Kawasan Industri Hijau Tanah Kuning

Redaksi - Minggu, 29 Oktober 2023 | 11:06 WIB

Post View : 35

Foto udara salah satu area Proyek Strategis Nasional (PSN) Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan. Foto: BANUATERKINI/ANTARA/HO-Adpim Kaltara.

Laporan: Masri

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melakukan pengawasan terhadap perkembangan salah satu pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kaltara, yaitu Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) Tanah Kuning di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan.

Bulungan, Banuaterkini.com - Menurut Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, pihaknya melakukan sebagai bagian dari pengawasan laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) setempat.

"Pemantauan kami lakukan sebagai bagian pengawasan LKPM (Laporan Kegiatan Penanaman Modal) di Bulungan," kata Ingkong Ala di Tanjung Selor, Sabtu (28/101/2023).

Dikutip dari Antara.com, Ingkong mengungkapkan, beberapa fasilitas telah dibangun oleh investor KIHI, antara lain dermaga atau jetty dan landasan helikopter untuk memperlancar distribusi peralatan dan pekerja pada kawasan itu.

Dermaga dibuat oleh salah satu investor pengembangan kawasan industri itu. Ada dua dermaga yang dibangun. Pertama, dermaga sepanjang 850 meter, kedua sepanjang 600 meter.

Investor juga telah memasang alat konstruksi untuk produksi beton campuran dalam jumlah besar dalam rangka mendukung pembangunan smelter atau fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral aluminium.

Selain itu, untuk mendukung pembangunan pembangkit listrik. Termasuk telah melakukan penataan dan pematangan lahan seluas 461 hektare yang di dalamnya akan dibangun tempat tinggal atau meskaryawan dan pendukungnya.

Satu investor pengembangan lainnya, tengah melakukan proses pembebasan lahan dan telah memiliki gedung pengelola sementara di luar kawasan industri itu.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev