Ganjar Bakal Naikkan Gaji Guru Jadi Rp30 Juta, Husin Shihab: Itu Niat Mulia

Banuaterkini.com - Senin, 11 September 2023 | 15:30 WIB

Post View : 159

Bakal Capres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, mewacanakan menaikkan gaji guru hingga Rp30 juta per bulan. Foto: BANUAERKINI/ TEMPO.co

Editor: Ghazali Rahman

Pegiat media sosial Husin Shihab mengaku memberi apresiasi dengan pernyataan idolanya mantan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang ingin memberikan penghargaan kepada para guru dengan gaji hingga Rp30 juta perbulan.

Jakarta, Banuaterkini.com - Selain pegiat medsos, Husin juga loyalis Ganjar Pranowo, ia menilai cita-cita Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDI Perjuangan itu sebuah cita-cita yang mulia.

"Cita-cita pak Ganjar; naikkan gaji guru hingga 30 juta. Sungguh mulia cita-citanya! Maka, "Orang pintar mau jadi guru", kata pak Ganjar. Dengan demikian potensi meningkatkan nilai mutu SDM di negeri ini akan lebih baik ke depan. Ingat, ini bukan janji serapah tapi cita-cita," tulis Husin Shibab seperti dikutip Wartakota.com dari laman Twitter pribadinya, Minggu (10/09/2023)

Husin memastikan bahwa itu bukanlah bentuk janji, melainkan hanya niat mulia dari seorang Ganjar Pranowo

"Kalau janji itu bisa diingkari tapi kalau cita-cita itu muncul dari hati yg diniati untuk dilakukan di masa depan," imbuhnya

Husin lantas membandingkan dengan bakal calon presiden lain yang dinilainya tidak punya niat semulia Ganjar yang memikirkan kesejahteraan guru

"Ada gak capres lain punya cita-cita begini? Saya jawab, gak ada yg niat dan gak ada yg serius ngurusi pendidikan! Pak Ganjar selama 10 tahun fokus meningkatkan mutu pendidikan di Jateng. Dan ada hasil.

Pak Ganjar ini bukan hanya politikus, bukan hanya teknokrat, tapi juga pendidik yang baik di dunia perpolitikan hari ini. Beliau itu tidak menjanjikan BBM gratis dan makan gratis, tapi ngasih sarana dan prasarana yang layak untuk dimanfaatkan dengan baik oleh semua dan sudah dibuktikan di Jateng.

Secara tidak langsung, Bapak ini telah mendidik kami dan menyadarkan kami untuk memilah dan memilih calon pemimpin demi masa depan bangsa yg lebih baik. Beliau konsen meningkatkan pendidikan nasional, kita akan dukung habis-habisan!!!"

Seperti diketahui, Ganjar Pranowo pernah melontarkan wacana jika gaji guru di Indonesia idealnya bisa tembus angka Rp 30 juta.

Menurut dia, hal ini sudah ia terapkan saat dirinya masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Di provinsi yang ia pimpin, gaji guru sudah diupayakan setara dengan minimal upah minimum yang berlaku.

"Saya cek dengan bayaran sekitar Rp 200.000 - Rp 300.000, saya tetapkan saja. Sekarang saya paksa, hitung, seluruh guru minimal UMK," beber Ganjar Pranowo dikutip dari YouTube Rheiland Kasali pada Kamis (7/9/2023).

Ganjar mengaku miris dengan kondisi ekonomi para guru yang dibayar pas-pasan.

Banyak para pahlawan tanpa tanda jasa ini hanya dibayar di bawah Rp 1 juta dalam sebulan.

Bahkan, kata dia, banyak pendidik yang terjerat pinjaman online.

Setelah perbaikan kesejahteraan dengan menyamakan gaji guru minimal setara UMK, menurutnya para guru sudah bisa menata keuangan lebih baik.

"Ditanyalah beberapa guru yang sudah sekian tahun yang sudah (digaji) UMK, saya tanya, sekarang sudah bisa punya usaha, menata kredit rumah, ini lompatan tinggi," ungkap dia.

Wacana yang dilontarkan itu pun direspon berbagai kalangan. Salah satunya pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisaksi, Trubus Rahardiansyah.

Menurut Trubus, akan ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum meningkatkan gaji guru.

"Misalnya, apakah negara punya anggaran sebesar itu. Ini kan anggaran terbatas. Apalagi, guru itu ada di pusat dan daerah. Itu kan kaitannya dengan APBD. APBD kan beda-beda tuh," kata Trubus saat dihubungi, Jumat (08/09/2023) lalu.

Dalam sebuah wawancara dengan Rhenald Khasali yang tayang di Youtube, belum lama ini, Ganjar menceritakan pengalamannya meningkatkan gaji guru saat menjadi gubernur di Jawa Tengah (Jateng), yakni dari Rp200-Rp300 ribu menjadi minimal UMK atau sekitar Rp 1,2 juta.

Jika terpilih menjadi presiden hasil Pilpres 2024, Ganjar mengatakan ia punya angan-angan menaikan gaji guru di Indonesia.

Seseorang yang baru menjadi guru, kata Ganjar, bisa mendapatkan upah Rp 10 juta. Dalam beberapa tahun setelah bekerja, gaji seorang guru bahkan bisa tembus hingga Rp 30 juta.

Ganjar belum menyebut angka pasti. Ia masih meminta para ahli pendiidikan dan ahli keuangan untuk menghitungnya.

Adapun hal lain yang perlu dipertimbangkan, lanjut Trubus, ialah terkait instrumen untuk menilai kinerja para guru.

Menurut dia, perlu ada parameter jelas untuk menentukan apakah seorang guru layak naik gaji atau tidak.

"Kan harus ada output-nya. Ini bagaimana? Sementara posisi guru ini output-nya kalau tingkat SD, misal, pada (kesuksesan guru mengajarkan) budi pekerti pada murid, SMA output-nya misal mengeluarkan satu produk," jelas Trubus.

Gaji guru yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Peraturan Gaji PNS.

Tergantung tingkat dan golongan, besarannya berkisar dari sekitar Rp 1,6 juta hingga Rp6 juta.

Menaikkan gaji guru PNS, kata Trubus, mungkin bisa dilakukan di provinsi-provinsi yang punya APBD besar.

Namun, provinsi-provinsi miskin bakal kesulitan untuk mengongkosi kenaikan gaji guru jika terlalu tinggi.

"Ini apakah pemerintah pusat mau menanggulangi? Apakah tidak menimbulkan kecemburuan lain bagi profesi lainnya. Kan ASN banyak. Kan guru ada ASN, ada guru swasta. Itu yang swasta gimana? Karena swasta itu kan sangat tergantung kepada kemampuan masing-masing satuan pendidikan," jelas Trubus.

Menurut Trubus, apa yang disampaikan Ganjar baru pada tataran konseptual. Oleh karena itu, perlu ada penjelasan dari Ganjar terkait bagaimana implementasi dan cara agar gagasan kenaikan gaji guru itu bisa diterapkan secara berkelanjutan.

"Artinya gini, semua mendukung apa yang disampailan Pak Ganjar. Hanya persoalannya tadi, aspek dampak harus betul-betul diperhatikan. Kedua, kaitannya dengan kinerja. Kinerja ini kaitannya dengan budaya. Apakah mampu mengubah budaya guru kita untuk bisa menghasilkan peserta didik yang berkualitas," pungkasnya.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev