Indonesia Kuatkan Konektivitas Digital Lewat Kemitraan Internasional

Banuaterkini.com - Senin, 26 September 2022 | 09:02 WIB

Post View : 0

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G.Plate. @ANTARA/HO.

Editor: Ariel S

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika menguatkan konektivitas telekomunikasi dan layanan digitalnya lewat banyak kerja sama internasional dengan negara-negara benua Eropa serta Amerika seperti dengan Inggris, Perancis, hingga Amerika Serikat.

Jakarta, Banuaterkini.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate menegaskan komitmen Pemerintah untutk meningkatkan konektivitas dan kemitraan internasional dengan sejumlah negara di dunia.

“Dengan Perancis dan Inggris, Indonesia sudah membangun infrastrukturnya berupa kerja sama di pengadaan dan penempatan satelit, Kalau dengan Amerika Serikat, kita sudah punya kerja sama peluncur roket untuk membawa satelit ke orbit satelit, Nah, dengan Uni Eropa, selain dari Prancis dan Inggris, kita juga harus bangun relasi baru dengan negara lain,” ujar Johnny dalam siaran persnya, Minggu (25/09/2022).

Kerja sama dengan banyak negara-negara itu sebenarnya sudah berlangsung dalam berbagai tingkatkan kemitraan. Sebagai contoh untuk kemitraan baru yang coba dibentuk di level antarpemerintah, saat forum Digital Economy Working Group (DEWG) G20 pada Agustus lalu Indonesia berdiskusi dengan Pemerintah Argentina membahas jalur transmisi data.

Dengan harapan jalur tersebut dapat menghubungkan transmisi data Indonesia ke AS dan AS ke Indonesia.

"Kami mendiskusikan untuk membangun satu jalur baru yaitu Jalur Selatan yang menghubungkan jaringan dari Australia ke Argentina. Dari Australia, Sydney, ke Argentina kan terhubung dengan jaringan di Amerika Latin ke Amerika Serikat. Sehingga kita, Indonesia, nanti mempunyai beberapa jalur transmisi data ke Amerika Serikat dan dari Amerika Serikat ke Indonesia,” jelasnya seperti dikutip Antara.

Banyak skema yang disiapkan mulai dari skema "Bussiness-to-Bussiness" maupun "Goverment-to-Goverment" untuk memperkuat konektivitas telekomunikasi Indonesia dengan negara-negara lainnya.

Lalu kemitraan terbaru yang dibangun Indonesia adalah dengan pertemuan bilateral dengan Portugal.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?