Jokowi Ajak Pemimpin ASEAN Beri Perlindungan Pekerja Migran dan “Human Trafficking”

Banuaterkini.com - Jumat, 12 Mei 2023 | 22:39 WIB

Post View : 11

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan persnya kepada awak media di Pusat Media KTT ke-42 ASEAN, di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Kamis (11/05/2023). Foto: BANUATERKINI/BPMI Setpres/Muchlis Jr.

Laporan: Ariel Subarkah l Editor: Ghazali Rahman

Presiden Joko Widodo agar para pemimpin ASEAN memberikan perhatian utama pada perlindungan pekerja migran dan korban human trafficking atau perdagangan manusia.

Jakarta, Banuaterkini.com - Terkait Myanmar, Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa negara-negara ASEAN sepakat untuk tidak memberikan toleransi terhadap pencederaan nilai-nilai kemanusiaan.

Diketahui, Kepala Negara menyampaikan sejumlah hasil yang dicapai dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang berlangsung pada 10-11 Mei 2023, di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Salah satunya adalah terkait kepentingan rakyat yang menjadi perhatian utama para pemimpin ASEAN, termasuk perlindungan pekerja migran dan korban perdagangan manusia.

“Saya mengajak negara-negara ASEAN untuk menindak tegas pelaku-pelaku utamanya,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan kepada awak media di Pusat Media KTT ke-42 ASEAN, di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, pada Kamis (11/05/2023).

Tidak hanya itu, tegas Jokowi, ASEAN juga sepakat untuk terlibat dengan semua pemangku kepentingan sesuai dengan mandat “Lima Poin Kesepakatan”.

“Inklusivitas harus dipegang kuat oleh ASEAN karena kredibilitas ASEAN sedang dipertaruhkan,” ungkap Presiden Jokowi, dikutip Banuaterkini.com, Jumat (12/05/2023).

Presiden Jokowi juga menyebut bahwa Indonesia membuka peluang komunikasi dengan siapa pun dalam rangka kepentingan kemanusiaan.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?