Ketua KPU Tegaskan Video Hasil Perhitungan Suara Luar Negeri Hoaks

Banuaterkini.com - Sabtu, 10 Februari 2024 | 19:51 WIB

Post View : 28

Ketua KPU Hasyim Asy'ari di Kompleks Parlemen, Jakarta. Foto: BANUATERKINI/ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi.

Ketua Komisi Pemilu Umum (KPU) Hasyim Asy'ari menegaskan bahwa hasil perhitungan surat suara Pemilu 2024 di luar negeri yang beredar di media soal adalah hoaks. 

Jakarta, Banuaterkini.com - Menurut Hasyim perhitungan suara Pemilu di luar negeri dilakukan bersamaan dengan perhitungan yang digelar di Indonesia. 

"Dengan demikian bila sudah ada publikasi hasil penghitungan suara luar negeri sebelum 14 Februaru 2024, kami pastikan itu adalah tidak benar," kata Hasyim melalui keterangannya kepada media, Sabtu (10/02/2024).

Jadi, video viral yang tersebar di media sosial yang menunjukkan hasil perhitungan surat suara di luar negeri adalah tidak benar.

Menurutnya, perhitungan surat suara di luar negeri dilakukan bersamaan dengan perhitungan yang dilakukan di Indonesia, yakni pada 14-15 Februari 2024.

Dikutip dari Antaranews.com, Hasyim menjelaskan, pemungutan suara di luar negeri memang dilakukan lebih awal dibandingkan dengan di Indonesia.

Menurutnya pemungutan surat suara di luar negeri dilakukan dengan tiga metode, yakni dengan metode tempat pemungutan suara (TPS), melalui pos, dan melalui kotak suara keliling.

Sebelumnya, ramai beredar video viral di media sosial X atau Twitter berdurasi 27 detik yang menunjukkan aktivitas di TPS dan diberi keterangan terkait hasil perolehan suara Pemilu 2024 di luar negeri.

Video itu yang diunggah pada Rabu (07/02/2024) tersebut, telah ditonton sebanyak 2,8 juta kali dan diunggah ulang sebanyak 342 kali. Selanjutnya video itu kemudian menuai perbincangan yang beragam.
 
Laporan: Ariel Subarkah
Editor: Ghazali Rahman

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?