Kominfo Kembangkan IDTH Jadi Pusat Inovasi Perangkat Digital Nasional

Banuaterkini.com - Rabu, 8 Mei 2024 | 12:41 WIB

Post View : 19

Presiden Jokowi mendorong IDTH menjadi pusat inovasi agar dapat menjadikan produk perangkat digital dalam negeri mampu bersaing secara global. BANUATERKINI/Humas Kemenkominfo.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mulai mengembangkan Indonesia Digital Test House (IDTH) sebagai pusat inovasi perangkat digital nasional.

Banuaterkini.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan menyatakan optimismenya bahwa Indonesia akan menjadi pemain kucni dalam rantai pasok teknologi global.

"Tentu saja ini harus ada keberanian harus ada terobosan-terobosan yang kita lakukan,” tegasnya dalam Peresmian IDTH di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT), Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Selasa (07/05/2024).

Oleh karena itu, Presiden Jokowi mendorong IDTH menjadi pusat inovasi agar dapat menjadikan produk perangkat digital dalam negeri mampu bersaing secara global. 

“Dengan menggandeng perguruan tinggi, startup serta UMKM, melakukan riset dan paten, mendukung pengembangan pengujian dan sertifikasi produk-produk lokal agar produk perangkat digital dalam negeri mampu bersaing,” kata Kepala Negara, dalam keterangannya yang dikutip Banuaterkini.com, Rabu (08/05/2024).

Diketahui, IDTH saat ini telah dilengkapi dengan fasilitas terkini untuk menguji berbagai fitur perangkat digital, seperti fitur telekomunikasi, radio frekuensi (RF), Electro Magnetic Compatibility (EMC), electrical safety, dan Specific Absorption Rate (SAR). 

Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan fasilitas IDTH cukup lengkap sebagai laboratorium uji perangkat telekomunikasi.  

“Fasilitas pengujian ini berfungsi untuk memastikan keamanan, keselamatan, dan standarisasi produk perangkat digital. Perangkat yang diuji diantaranya laptop, ponsel, bluetooth, access point, televisi digital, handy talky, dan radar,” jelasnya. 

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Menteri Budi Arie menargetkan IDTH tidak hanya menjadi pusat pengujian, namun juga menjadi Center of Excellence perangkat digital di Indonesia. 

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev