Netty Prasetiyani: Bila Inflasi tak Terkendali, Dampaknya Serius bagi Penurunan Stunting

Banuaterkini.com - Jumat, 15 Maret 2024 | 16:28 WIB

Post View : 24

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher. Foto: BANUATERKINI/dpr.go.id/Munchen/nr

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher menyebut bahwa inflasi yang tidak terkendali dapat berdampak serius pada upaya penurunan stunting.

Banuaterkini.com, JAKARTA - Menurut Netty jika terjadi inflasi, maka akses masyarakat terhadap pangan bergizi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak menjadi buruk.

"Peningkatan inflasi dapat mengakibatkan penurunan  daya beli masyarakat terhadap bahan pangan," kata Netty Prasetiyani, dalam keterangannya dikutip Parlementaria, Jumat (15/03/2024)

Menurut dia, jika pangan sumber protein dan zat gizi lainnya mahal, tentunya banyak keluarga yang berisiko tidak mampu menyiapkan makanan bergizi untuk anak-anaknya.

Hal ini, kata Netty, dapat berdampak pada peningkatan risiko stunting. Pemerintah harus mengambil langkah-langkah efektif untuk mengendalikan inflasi.

Netty menambahkan, kampanye penurunan stunting yang sudah dilakukan dengan gencar dan terus menerus harus diimbangi dengan kemampuan pemerintah menyediakan sumber pangan bergizi yang mudah dan murah. 

“Jangan sampai kampanye penurunan stunting hancur berantakan dan tidak ada maknanya karena masyarakat sulit mengakses sumber bahan pangan untuk kesehatan remaja, ibu hamil dan menyusui," tandas Netty.

Oleh sebab itu, katanya, pemerintah perlu mengambil langkah-langkah konkret dalam mengatasi masalah stunting guna memastikan pertumbuhan dan perkembangan optimal generasi muda Indonesia. 

“Pengendalian inflasi untuk ketersediaan pangan mudah dan murah adalah salah satu PR yang harus dipikirkan pemerintah agar risiko peningkatan stunting dapat ditekan," kata politisi PKS Dapil Jabar VIII ini.

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev