OIKN Gelar Rakor, Bahas Soal Kerjasama dengan seluruh Pemda

Banuaterkini.com - Kamis, 14 Maret 2024 | 19:35 WIB

Post View : 1

Kepala Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono di Jakarta, Kamis (14/03/2024). Foto: BANUATERKINI/ANTARA/Aji Cakti.

Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) untuk membahas persoalan kerjasama dengan seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) dalm rangka mendukung pembangunan IKN.

Banuaterkini.com, JAKARTA - Kepala Badan OIKN, Bambang Susantono, pihaknya mengundang Pemda Kabupaten/Kota, Provinsi dan Kementerian/Lembaga untuk menyamapan persepsi pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

"Pada sore hari ini, Kamis (14/3), kami mengundang kabupaten/kota, provinsi dan juga Kementerian/Lembaga untuk bersama-sama menjalin kerja sama utamanya di dalam kita membangun Nusantara bersama-sama," kata Bambang Susantono di Jakarta, Kamis (14/03/2024).

Dikutip dari Antaranews.com, Bambang menambahkan bahwa Nusantara sebagai ibu kota baru merupakan milik semua.

"Jadi harapan kami di OIKN melalui pertemuan ini, maka beberapa potensi kerja sama yang selama ini sudah mulai digagas dapat diwujudkan dalam waktu sesegera mungkin," ujarnya.

IKN memang akan memasuki tahapan di mana nantinya potensi-potensi ekonomi, bisnis dari beberapa kabupaten/kota dan provinsi dapat dirajut serta diwadahi dalam pengembangan-pengembangan IKN, khususnya dalam pengembangan daerah di luar kawasan yang ada sekarang.

"Seperti kita ketahui bahwa sekarang ini masih berfokus pada KIPP, tetapi dari kenyataan di lapangan bahwa minat dari lima kali groundbreaking senilai Rp49,6 triliun sudah mencakup di luar Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) juga," kata Bambang.

Terdapat beberapa wilayah pengembangan misalnya wilayah pengembangan IKN di barat agak sebelah utara yang memang sudah diminati oleh beberapa investor.

"Tentu saja dengan peluang-peluang itu tentunya kita mengadakan beberapa roadshow pada tempat-tempat di mana pusat-pusat ekonomi itu berada seperti di Surabaya, Medan, Makassar, dan tempat-tempat lainnya untuk mengundang para pelaku bisnis dari kabupaten/kota dan provinsi untuk bersama-sama membangun Nusantara," kata Bambang.

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev