Otorita IKN Jajaki Kerjasama Pembangunan Kota Masa Depan dengan RRT

Banuaterkini.com - Minggu, 30 Juli 2023 | 09:38 WIB

Post View : 24

Otorita Ibu Kota Nusantara Republik Indonesia menjajaki kerja sama membangun kota masa depan dengan Kota Shenzhen, Republik Rakyat Tiongkok. Foto: ANTARA/Otorita IKN/aa.

Laporan: Ariel Subarkah l Editor: Ghazali Rahman

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Republik Indonesia sedang mejajaki kemungkinan kerjasama membangun kota masa depan dengan Kota Shenzhen Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Jakarta, Banuaterkini.com - Menurut Kepala OIKN, Bambang Susantono, IKN terus belajar dan menyerap pengetahuan dari berbagai kota maju di dunia, sebagai upaya mewujudkan visi IKN sebagai kota hutan yang cerdas dan berkelanjutan.

"Untuk mewujudkan visi sebagai kota hutan yang cerdas dan berkelanjutan, IKN terus belajar dan menyerap pengetahuan dari berbagai kotakota maju di dunia," kata Bambang Susantono dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (29/07/2023).

Seperti dikutip dari Antara, Bambang juga memuji transformasi Shenzhen pada empat dekade belakangan, yang hingga kini masih menjadi salah satu rujukan di bidang perencanaan kota.

"Dengan Nusantara sebagai sebuah kota baru sedang dibangun pada fase awal, menjadi tepat untuk belajar dari pengalaman dalam perencanaan dan pembangunan Shenzhen sebagai kota baru dalam 40 tahun terakhir," kata dia.

Bambang Susantono bertemu dengan Walikota Shenzhen Qin Weizhong, Sabtu (29/07/2023) untuk menjajaki kerja sama konkret yang disepakati antara Pemerintah Indonesia dan RRT.

Pertemuan ini, kata Bambang, merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dengan Presiden RRT Xi Jinping yang menyepakati kerja sama yang lebih erat antara kedua kota, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Kota Shenzen sehari sebelumnya dalam lawatan Kepala Negara, Jumat (27/07/2023) lalu.

Presiden Jokowi menandatangani Nota kesepahaman (MoU) kerjasama antara IKN dan Shenzhen di sela-sela pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan Presiden RRT Xi Jinping.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev