Panas Ekstrim di Indonesia, BMKG Sebut itu Bukan Gelombang Panas

Banuaterkini.com - Jumat, 3 Mei 2024 | 10:00 WIB

Post View : 7

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan Indonesia tidak terdampak gelombang panas atau heat wave yang menghantam Thailand hingga India dalam beberapa waktu terakhir. BANUATERKINI/Sindonews.com/Arif Julianto

Sejumlah wilayah di kawasan Asia dilanda gelombang panas (heat wave) parah. Di Vietnam, Thailand, Myanmar, Bangladesh, hingga India. Apakah Indonesia termasuk negara yang sedang mengalami hal serupa?

Banuaterkini.com, JAKARTA - Di Indonesia, suhu panas juga terasa dalam beberapa waktu terakhir. BMKG mencatat, suhu maksimum tertinggi di Indonesia mencapai 37.0 derajat Celcius (per 27 April 2024). 

Hari ini, Kamis (02/05/2024, pukul 07.00 WIB), BMKG merilis, suhu maksimum tertinggi di Indonesia mencapai 36,1 derajat Celcius, dilaporkan Stasiun Meteorologi Pangsuma, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Lalu, apakah Indonesia mengalami gelombang panas seperti negara-negara tetangga?

Dilansir dari cnbcindonesia.com, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, fenomena suhu panas di Indonesia bukan gelombang panas. 

Dia menjelaskan, fenomena suhu panas di Indonesia terjadi karena posisi semu matahari pada bulan April berada dekat sekitar khatulistiwa. Dam menyebabkan suhu udara di sebagian wilayah Indonesia menjadi relatif cukup terik saat siang hari. 

"Bukan heat wave. Karena ini memiliki karakteristik fenomena yang berbeda. Hanya dipicu oleh faktor pemanasan permukaan sebagai dampak dari siklus gerak semu matahari sehingga dapat terjadi berulang dalam setiap tahun," jelasnya, dikutip dari situs resmi BMKG, Kamis (02/05/2024). 

Syarat Gelombang Panas

Melansir detikhealth, Guswanto mengatakan, gelombang panas umumnya terjadi di wilayah terletak di lintang menengah hingga lintang tinggi, di belahan bumi bagian utara dan selatan, pada wilayah geografis yang memiliki atau berdekatan dengan massa daratan dan luasan yang besar, wilayah kontinental atau sub-kontinental.

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev