RANS303 INDOSEVEN RANS303

KPU Bakal Gelar 3 Kali Debat Kandidat Pilgub Kalsel

Redaksi - Sabtu, 5 Oktober 2024 | 19:41 WIB

Post View : 3

ILUSTRASI: KPU Kalsel bakal menggelar tiga kali debat kandidat pada Pilgub Kalsel 2024. (BANUATERKINI/riauaktual.com).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengumumkan bahwa akan ada tiga kali debat publik dalam rangkaian Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Debat-debat ini akan menjadi ajang penting bagi masyarakat Kalsel untuk mengenal lebih dekat para kandidat calon gubernur dan wakil gubernur yang akan memimpin provinsi tersebut.

Banuaterkini.com, BANJARMASIN - Komisioner KPU Kalsel Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Fahmi Failasopa, menyatakan bahwa ketiga debat tersebut akan disiarkan secara langsung melalui stasiun televisi yang ditunjuk KPU.

Tujuannya adalah untuk memperluas akses bagi masyarakat agar dapat mengikuti perkembangan dan mengetahui visi serta misi dari setiap pasangan calon (paslon).

“Kami akan mengadakan tiga sesi debat. Debat pertama mempertemukan calon gubernur, debat kedua akan diikuti calon wakil gubernur, dan pada debat terakhir, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur akan tampil bersama,” jelas Fahmi beberapa waktu lalu.

Dikutip dari rri.co.id, dalam penyelenggaraan debat, KPU Kalsel berencana memilih moderator secara selektif dari kalangan profesional dan akademisi yang memiliki integritas tinggi.

Moderator diharapkan bersikap netral, tidak memberikan penilaian atau komentar terhadap penyampaian materi dari paslon. Hal ini diharapkan dapat menjaga objektivitas debat, sehingga masyarakat dapat menilai visi dan misi kandidat secara adil.

Namun, Fahmi juga menambahkan bahwa meski rencana sudah disusun, finalisasi teknis pelaksanaan debat masih menunggu masukan dari tim kampanye masing-masing pasangan calon.

KPU Kalsel berkomitmen untuk menjaga keterlibatan semua pihak dalam proses penyelenggaraan debat ini.

“Masa kampanye Pilkada Serentak 2024 akan dimulai pada 25 September hingga 23 November 2024,” lanjutnya.

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev