RANS303 INDOSEVEN RANS303

Sepele Tapi Fatal, Keselamatan Berkendara Dimulai dari Hal Kecil

Redaksi - Sabtu, 7 September 2024 | 17:28 WIB

Post View : 4

Penting memperhatikan hal-hal kecil pada kendaraan seperti halnya tutup angin ban motor atau mobil. (BANUATERKINI/Autofun.co.id).

Berkendara di jalan raya tak hanya soal mengendalikan kendaraan, tetapi juga tentang bagaimana kita menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Banuaterkini.com, BANJARMASIN - Banyak dari kita mungkin lebih fokus pada hal-hal besar seperti rem atau lampu kendaraan, tetapi sering kali mengabaikan hal-hal kecil yang justru bisa menimbulkan risiko besar di jalan.

"Dua di antaranya adalah pijakan kaki penumpang dan tutup angin ban motor," ujar Junaidi Nasri.

Junaidi Nasri, yang akrab disapa Juna seorang wartawan senior, pekerjaannya memburu berita menuntut dirinya untuk berkendara dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu cepat.

"Saya adalah pengendara motor yang sudah bertahun-tahun mengarungi jalan raya, saya ingin berbagi pengalaman sederhana namun penuh makna," ujarnya, Sabtu (07/09/2024) siang.

Dia menekankan pentingnya memperhatikan detail kecil yang sering dianggap sepele.

Pijakan kaki motor untuk penumpang juga perlu dicek sebelum berkendara. (BANUATERKINI/Juna).

“Pengalaman saya, saat mengisi angin ban, petugas bengkel sering kali menutup lubang angin ban dengan sembarangan. Kadang tutupnya tidak dipasang dengan baik, longgar, atau bahkan hilang di jalan,” ujarnya.

Menurut Junaidi, hal ini mungkin terdengar remeh, tetapi efeknya tidak seremeh yang dibayangkan banyak orang.

Ban motor yang anginnya terus berkurang bisa berakibat fatal. Ban yang kempes secara perlahan tidak hanya mengurangi keseimbangan motor, tetapi juga bisa menyebabkan kecelakaan.

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev