RANS303 INDOSEVEN RANS303

UNISKA MAB Banjarmasin Perkuat Kerjasama Internasional di Kawasan ASEAN

Redaksi - Rabu, 16 Oktober 2024 | 17:33 WIB

Post View : 7

Wakil Rektor I UNISKA, Dr Mohammad Zainul. (BANUATERKINI/Humas Uniska MAB/Juna).

Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) MAB Banjarmasin terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di ASEAN.

Banuaterkini.com, BANJARMASIN - Salah satu program unggulannya adalah pertukaran mahasiswa dengan Universitas Mindanao, yang telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir.

Wakil Rektor I UNISKA, Dr Mohammad Zainul mengungkapkan, bahwa mahasiswa dari kedua universitas terlibat dalam program tersebut.

Selain itu, Universitas Mindanao juga mengirimkan dosennya untuk mengajar di UNISKA, dan diharapkan UNISKA akan melakukan hal serupa dalam waktu dekat.

Selain Mindanao, UNISKA juga memperkuat kolaborasi dengan Inti International University Malaysia. Kerjasama ini meliputi kuliah bersama serta penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal internasional terindeks Scopus.

“Beberapa mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, Teknik, dan Teknologi Informasi telah mengikuti program perkuliahan di sana. Kami juga berhasil melakukan penelitian bersama yang telah dipublikasikan,” ujar Zainul, dalam keterangan yang diterima Banuaterkini.com, Rabu (16/10/2024).

Sebagai bagian dari rencana jangka panjang, UNISKA dan Inti University berencana membuka Kelas Internasional.

Program ini memungkinkan mahasiswa untuk menempuh dua tahun perkuliahan di UNISKA dan dua tahun di Inti University, yang nantinya akan menghasilkan dua ijazah.

"Kami sedang menunggu izin dari Dirjen Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) untuk meluncurkan program ini pada semester mendatang," tambah Zainul.

Diketahui, pada Selasa (15/10/2024), Dr. Zainul juga mengikuti konferensi internasional secara daring bersama beberapa perguruan tinggi asing sebagai kelanjutan dari kerjasama ini.

Kegiatan tersebut mencerminkan komitmen UNISKA untuk terus meningkatkan kerjasama internasional di berbagai sektor, terutama dalam bidang pendidikan dan penelitian di kawasan ASEAN.

Dengan kolaborasi ini, UNISKA berharap dapat menjadi bagian dari jaringan akademis global yang lebih luas dan membuka peluang bagi dosen serta mahasiswa untuk berkembang di kancah internasional. (Juna)

Laporan: Ahmad Kusairi
Editor: Ghazali Rahman
Copyright @Banuaterkini 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev