The Polt Sukses Gelar Even Bersepeda Sambil Nikmati Pesona Alam Tanah Laut

Banuaterkini.com - Selasa, 17 Januari 2023 | 00:45 WIB

Post View : 212

Ketua Koni Kabuapten Tanah Laut, Muhammad Fahrianur usai menyerahkan hadiah kepada para pemenang even BELATUPAN (Bersepeda di Alam Tuntung Pandang), yang dilaksanakan oleh The Polt Tala. Foto: Ari C/M. Noor.
images (4)

Laporan: Muhammad Noor l Editor: Ari Cahyadi

Salah satu komunitas bersepeda Tanah Laut yang dikenal dengan nama “The Polt” sukses menggelar sebuah even yang mempertemukan para goweser dari berbagai daerah di Kalsel, Minggu (15/01/2023) di Desa Kunyit, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tala. 

Pelaihari, Banuaterkini.com – The Polt merupakan salah satu komunitas yang menghimpun para pencinta olahraga bersepeda berada di bawah naungan Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI). ISSI sendiri salah organisasi cabang olahraga di bawah pembinaan Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Kabupaten Tala.

Menurut Ketua Koni Tanah Laut, Muhammad Fahrianur, even yang digelar The Polt kali ini dengan mengusung tema BELATUPAN (Bersepeda di Alam Tuntung Pandang) Part 6, terbilang sukses karena berjalan dengan lancar dan sukses.

“Even BELATUPAN Part 6 yang digelar oleh The Polt yang bertujuan menjalin silaturahmi antar sesama goweser, berjalan dengan lancar dan sukses,” ujarnya kepada Banuaterkini.com, Minggu (15/01/2023).

Para goweser sedang mengelilingi rute yang sudah ditentukan pada even Bersepeda di Alam Tuntung Pandang (Belatupan).

 Dikatakannya, even ini sejak awal memang dimaksudkan sebagai kegiatan olahraga dipadu dengan kegiatan menikmati keindahan alam di wilayah Kabupaten Tala dan sekitarnya, sehingga jalur atau track yang dilewati pun menggambarkan pesona alam Bumi Tuntung Pandang yang menawan.

“Jadi, kegiatan ini akan menjadi kenangan bagi goweser, karena selain mereka bisa berolahraga juga bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah di wilayah Bumi Tuntung Pandang,” imbuhnya.

Baca Juga :  Disdik Juarai Turnamen Mini Soccer Piala Bupati Banjar 2022

Koodinator Pelaksana kegiatan, Muhammad Rudi Hariyadi, kepada Banuaterkini.com, Minggu (15/01/2023), menuturkan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh dari 1500 peserta yang datang dari berbagai daerah di Kalsel.

“Alhamdulillah peserta yang mengikuti kegiatan ini datang dari berbagai daerah di Kalsel dan sekitarnya cukup banyak mencapai 1.500 lebih,” ujar Rudi Hariyadi.

Rudi Hariyadi juga menambahkan, ada 4 kategori yang dilombakan pada even tersebut yaitu Men Under 18th, Men Open, Women Open dan Master Legend 40’up.

“Para juara selain mendapatkan piala, piagam penghargaan juga mendapatkan uang pembinaan,” imbuhnya lagi.

Pembina The Polt yang jua penggagas even Bersepeda di Alam Tuntung Pandang (BELATUPAN) di Desa Kunyit, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut. Foto: Ari C/M. Noor.

Sementara itu, penggagas acara sekaligus pendiri dan pembina komunitas The Polt, H Endang Agustina, mengaku cukup gembira dengan tingginya antusiasme peserta mengikuti even bersepeda tersebut.

“Saya gembira banyak peserta yang ikut, dan saya lihat cukup antusias,” ujar H Endang Agustina yang merupakan salah satu tokoh cukup disegani di wilayah Tala dan sekitarnya.

Itulah alasannya, ujar H Endang menambahkan, dirinya mengharapkan even serupa bisa diselenggarakan setiap tahun. Bukan saja untuk menjalin silaturahmi antar para pencinta olahraga bersepeda, tetapi juga menjadi ajang promosi pariwisata yang ada di wilayah Pelaihari dan sekitarnya.

“Kegiatan ini kita harapkan terus dilaksanakan menjadi even tahunan, Sebab, selain karena sudah mendapat dukungan dari Pemkab Tala, seluruh pemangku kebijakan juga mendapat respon positif dari masyarakat,” tandasnya. 

Baca Juga :  Pelatih Persib U-18 Puji Pemain Meski Kalah pada Semifinal EPA

Dikatakan, H Endang, dirinya mengaku sangat bangga dan menilai kegiatan tersebut cukup bagus. Selain untuk menjalin silaturahmi juga untuk menjaga kebugaran, even yang digelarnya mendapatkan respon dari berbagai pihak termasuk para pejabat di lingkungan Pemkab, kalangan DPRD Tala dan masyarakat secara luas.

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Laut, Rudi Imtihansyah, berpose usai menyerahkan hadiah kepada para pemenang acara BELATUPAN, Minggu (15/01/2023). Foto: Ari C/M Noor.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Tala, Rudi Imtihansyah, menyatakan bahwa even yang dilaksanakan oleh The Polt Tala itu sangat penting dalam rangka menunjang pembinaan atlet khususnya atlet cabang olahraga bersepeda.

Selain itu, kata Imtihansyah, kegiatan tersebut juga dapat menjadi tolak ukur kesiapan atlet bersepeda Tala menjelang Perprop tahun 2025 yang kebetulan Kabupaten Tala menjadi tuan rumahnya.

“Even ini menjadi parameter bagi kita, karna daerah kita akan menjadi tuan rumah Porprop tahun 2025, kedepan melalui ISSI Tala akan melaksanakan  even seperti ini,” beber Rudi.

Senada dengannya, Anggota DPRD Tala, Jazuli kepada Banuaterkini.com menyampaikan dukunganya pada even-even menarik seperti ini.

Dia juga berharap, melihat begitu antusiasnya masyarakat dan animo yang tinggi untuk mengikuti even seperti ini, ia berharap agar even seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin, Tujuannya untuk mendorong  semakin banyak atlet bersepeda yang berprestasi.

Baca Juga :  Dugaan Kecurangan yang Bikin Argentina Lolos ke Final, Ini Dia 6 Alasannya

“Saya berharap even seperti ini trus mendapat dukungan oleh semua pihak, sehingga ke depan daerah kita lebih berprestasi lagi.” pungkas Jazuli.

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?