Partai Ummat Ikuti Verifikasi Faktual Ulang, Amien: Setiap Masalah Dapat Dipecahkan

Banuaterkini.com - Rabu, 21 Desember 2022 | 09:50 WIB

Post View : 12

Ketua Majelis Syura Partai Ummat,Amien Rais, dalam sebuah acara di Jakarta. Foto: Viva.co.id/GR.

Laporan: Ghazali Rahman l Editor: DR MDQ

Pengurus Partai Ummat dapat bernafas lega, setelah Bawan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi kesempatan partai besutan Amien Rais itu untuk mengikuti proses verifikasi ulang.

Jakarta, Banuaterkini.com - Keputusan Partai Ummat untuk mengikuti verifikasi ulang tercapai dalam mediasi yang dilaksanakan Bawaslu, KPU dan Partai Ummat, Selasa (20/12/2022). 

Diketahui, Partai Ummat mengajukan gugatan melalui Bawaslu setelah partai tersebut dinyatakan tidak lolos verifikasi faktual. Sebagai konsekuensinya, Partai Ummat tak bisa mengikuti pesta demokrasi pada Pemilu 2024 mendatang. 

Hasil mediasi tersebut disambut gembira pengursu Partai Ummat di berbagai daerah, lantaran diberi kesempatan lagi untuk melakukan verifikasi ulang. Dan, jika verifikasi tersebut lancar, Partai Ummat bisa lolos maka otomatis dapat ikut dalam Pemilu 2024.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Majelis Syura Partai Ummat, Amien Rais menyatakan, bahwa setiap permasalahan dapat dipecahkan.
 
"Di dunia ini setiap masalah bisa dipecahkan, yang penting diawasi, proses semua, tidak ada yang bisa menahan itu," kata Amien Rais dalam konferensi pers virtual, Selasa (20/12/2022) malam. 

Amien mengatakan, kedatangan mereka ke KPU RI untuk melakukan mediasi. Pihaknya datang dengan suasana cair dan terbuka. Amien juga berharap agar semuanya berakhir seperti apa yang ia harapkan. 

"Dan mudah-mudahan kalau kita lolos pun, akan seperti ini," ujar Amien. 

Ungkapan senada disampaikan Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi. Menurutnya, pihaknya akan siap melaksanakan semua proses verifikasi faktual ulang utamanya di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Utara (Sulut).
 
"Insya Allah kita siap untuk melaksanakan verifikasi faktual ulang pada kedua wilayah tersebut (NTT dan Sulut),ujar Ridho Rahmadi, dikutip Banuaterkini.com, Rabu (21/12/2022).
 
Menurut Ridho, pihaknya sudah mempersiapkan segala kekurangan yang sebelumnya jadi kendala termasuk masalah keanggotaan. Ia juga meyakini Partai Ummat akan memenuhi syarat.
 
Dijelaskan Ridho, Partai Ummat harus memperbaiki keanggotaan setidaknya di 12 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Setelah itu, baru dilakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual ulang.

Selain itu, Ridho menyebutkan, terdapat kendala di beberapa kabupaten/kota, karena ada miskomunikasi terkait verifikasi yang dilakukan melalui video call.

Kendala tersebut, lanjut Ridho, salah satunya adalah video-video yang mungkin dengan berbagai macam faktor, sebab, itu belum tersampaikan ke KPU. Jadi nanti insya allah ini kami sifatnya melengkapi. Sehingga batas minimum memenuhi syarat (MS) tersebut dapat tercapai.

"Jadi insya Allah kami yakin ini jalan untuk kami melanjutkan perjuangan ini, dan insya Allah kami yakin menjadi peserta Pemilu 2024," pungkasnya.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?