Soal Tata Ruang, Pansus I DPRD Kalsel Konsultasi ke KLHK

Banuaterkini.com - Selasa, 7 Maret 2023 | 07:38 WIB

Post View : 6

Rombongan Pansus I DPRD Kalsel saat berkonsultasi ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta, Senin (06/03/2023). Foto: Humas DPRD Kalsel.
images (4)

Laporan: A Kusairi l Editor: Ghazali Rahman

Untuk merampungkan revisi Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Pansus I DPRD Kalsel berkonsultasi ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Banjarmasin, Banuaterkini.com – Konsultasi dipimpin Ketua Pansus I H. Hasanuddin Murad didampingi anggota dan mitra kerja dari Dinas Kehutanan, Dinas PU, Dinas LH, Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel.

Dikutip dari dprdprovkalse.go.id, rombongan diterima Kasubdit Rencana Kawasan Hutan dan Pembentukan Wilayah Pengelolaan Hutan KLHK, Yana Juhana, Senin (06/03/2023).

Hasanuddin Murah menyampaikan, bahwa kedatangan rombongan Pansus I DPRD Kalsel sebagai tindak lanjut dari rapat kerja dengan mitra kerja untuk menyelaraskan rencana revisi RTRW Kalsel. 

“Kunjungan kerja ini tindak lanjut dari rapat kerja Pansus I DPRD Kalsel bersama beberapa instansi terkait, guna menyelaraskan revisi Rencana Tata Ruang (RTRW) di Kalsel,” kata Hasanuddin Murad, dikutip Banuaterkini.com, Selasa (07/03/2023).

Dijelaskan, pansus sudah dua minggu ini melaksanakan konsultasi ke kementrian terkait. Karena, proses berkaitan dengan tata ruang harus dikomunikasikan dengan kementerian.

Tahapan awal telah dibicarakan dengan pemerintah kabupaten/kota. Setelah deklarasi clear, terkait peruntukan perubahan terhadap kawasan maupun fungsinya juga sudah disampaikan ke DPRD, yaitu terkait subtansi rencana rancangan peraturan daerah.

“Pansus 1 diberikan waktu 10 hari untuk membicarakan rancangan peraturan daerah. Setuju atau tidak, dalam waktu 10 hari DPRD Kalsel dianggap setuju, sesuai dengan PP No 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang,” pungkasnya.

Baca Juga :  Hasnur di Persimpangan, Maju Jalur DPD atau Tetap Lewat Jalur DPR

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev

You cannot copy content of this page

Apa yang bisa kami bantu?