Tak Bisa Buka HP Pakai Pola, Jangan Panik Ini Cara Mengatasinya

Banuaterkini.com - Minggu, 29 Januari 2023 | 08:51 WIB

Post View : 36

Ada kalanya kita sering lupa pola HP dan akhirnya tidak bisa dibuka karena dalam keadaan terkunci. Lalu bagaimana caranya? Foto: Suara.com

Editor: Ghazali Rahman

Salah satu cara menjaga privasi dan keamanan ponsel adalah dengan cara mengunci menggunakan password. Bagi jenis ponsel android salah satu bentuk password (kunci) yang bisa dipilih adalah berupa pola.

Jakarta, Banuaterkini.com - Pola yang digunakan biasanya adalah menggabungkan beberapa titik agar bisa membentuk pola tertentu. Namun, ada kalanya kita sering lupa pola ponsel yang kita gunakan, akibatnya kita tak bisa membuka ponsel kita.

Jika masalah ini terjadi, biasanya jalan satu-satunya adalah mereset ponsel. Hal tersebut akan membuat semua data-data yang ada di ponsel kita akan hilang secara permanen.

Namun, tenang saja, cobalah untuk tidak panik, karena pola ponsel yang lupa ternyata bisa dibuka tanpa harus mereset ponsel lho! Berikut ini adalah cara membuka pola ponsel yang lupa tanpa harus direset.

1. Gunakan fitur forgot pattern (lupa pola)

  • Masukkan pola sembarang beberapa kali sampai muncul tulisan "Forgot pattern"
  • Klik ‘Forgot pattern’
  • Masukkan akun Google (username dan password) yang digunakan pada hp yang lupa pola
  • Reset screen lock dan buat pola baru

2. Manfaatkan Find My Device

Find My Device adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Google untuk bisa menemukan ponsel yang hilang atau tak sengaja terselip. Tapi tak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan cara ini untuk membuka kunci HP yang lupa.

  • Buka aplikasi browser di PC atau laptop lalu kunjungi website Find My Device. Jangan lupa untuk login dengan akun Gmail yang terdaftar.
  • Lalu akan muncul 3 opsi, play sound, secure device dan erase device. Pilih menu Secure Device.
  • Setelah itu cobalah untuk ganti password baru
  • Setelah selesai mengganti password baru, HP android kamu akan tetap terkunci, tapi kamu bisa membukanya dengan password baru yang kamu buat pada website Find My Device tadi.

3. Smart lock

Ponsel dengan versi sistem operasi Android terbaru memiliki fitur keamanan yang lebih ketat daripada versi lama. Cara ini bisa membuka HP Android versi 5.0 ke atas yang berada dalam kondisi lupa pola, dengan menggunakan fitur Smart Lock.


Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel secara otomatis dalam kondisi tertentu, misalnya saat sedang terhubung dengan jaringan internet WiFi di rumah.

Kemudian, kamu akan diberikan lima opsi yang dapat digunakan untuk membuka ponsel kamu yang terkunci tanpa kata sandi. Salah satu opsinya adalah menggunakan Face Recognition (pengenalan wajah) atau Voice Match (pengenalan suara).

4. Safe mode android

Jika masalah penguncian smartphone android berasal dari aplikasi pihak ketiga, BB kamu bisa menggunakan fitur Safe Mode Android untuk menonaktifkannya. Cara membuka pola HP ini berbeda beda, tapi yang paling umum sebagai berikut:

  • Tekan tombol power beberapa saat. Selanjutnya akan muncul pilihan restart dan power off.
  • Selanjutnya kamu tinggal tap dan tahan opsi Power off hingga muncul opsi Reboot to Safe Mode. Pilih ok untuk melanjutkan proses.
  • HP android akan melakukan restart dan masuk ke dalam safe mode.
  • Disini kamu bisa uninstall aplikasi lock screen pihak ketiga dan masuk kembali ke mode normal dengan melakukan restart.

5. Hapus pola di Android Debug Bridge (ADB)

Cara mengatasi lupa pola HP ini cuma bisa dilakukan kalau kamu sudah mengaktifkan menu USB Debugging dan komputer sebelumnya sudah dihubungkan dengan HP lewat ADB. Persiapkan HP android dan kabel data untuk dihubungkan ke komputer kamu. Jangan lupa masukkan kedalam direktori instalasi ADB.

Selanjutnya kamu bisa memasukkan perintah ADB Shell rm/ data/ System/ gesture key, lalu tekan Enter. Reboot HP dan lock screen kamu akan hilang. Segera lakukan penggantian password karena proses ini hanya bisa dilakukan sebentar saja.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev