Banjarmasin Kawasan Ekonomi Strategis bagi Proses Pembangunan IKN di Kaltim

Banuaterkini.com - Rabu, 15 Maret 2023 | 06:50 WIB

Post View : 56

Bappedalitbang Kota Banjarmasin saat menggelar Seminar Pengayaan Kajian Kesiapan Kota Banjarmasin sebagai Penyangga IKN di Banjarmasin yang menghadirikan dua orang pembicara yaitu Prof. Deasy Arisanti dari ULM dan Dr MS Shiddiq dari Universitas Indonesia. Selasa (14/03/2023). Foto: LPPM ULM/Misbad.

Terpisah, Peneliti dari Pusat Kajian Kebijakan dan Komnikasi Politik Universitas Indonesia, Muhammad Suriani Shiddiq Ph.D menyebutkan, Kota Banjarmasin sejak berabad-abad silam sudah dikenal sebagai kota perdagangan dan memiliki faktor pendukung yang sangat besar.

"Letak geografis Kota Banjarmasin di antara Kaltim dan Kalteng, memiliki Pelabuhan antar pulau seperti Pelabuhan Trisakti, dengan lebih dari 40 pasar yang tersebar di tiap kecamatan, ditambah 1 pasar regional yaitu Pasar Grosir Sudimampir bukan sesuatu yang berlebihan jika Banjarmasin memiliki peran yang cukup strategis bagi IKN," ujar Shiddiq kepada Banuaterkini.com, Rabu (15/03/2023). 

Jadi, imbuh Ketua Umum Jaringan Intelektual Muda Kalimantan (JIMKA) ini, Kota Banjarmasin memiliki potensi besar yang cukup besar sebagai salah satu daerah penyangga bagi IKN.

"Apalagi jika mengacu pada Perda No. 6 Tahun 2021 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Banjarmasin 2021-2041, saya yakin, Kota Banjarmasin menjadi kawasan ekonomi dan pengembangan perdagangan dan jasa yang cukup vital bagi IKN," pungkasnya.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev