DPRD Kalsel Dorong Pemenuhan Ketersediaan Sapi Potong Jelang Ramadhan

Redaksi - Sabtu, 25 Februari 2023 | 16:09 WIB

Post View : 2

Pimpinan rombongan wakil Komisi II DPRD Kalsel, Farhani bersama sejumlah anggota dan perwakilan Dinas Perkebuhan dan Peternakan (Disbunak) saat berkunjung ke Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Senin (20/02/2023). Foto: Humas DPRD Kalsel/Sayri.

Laporan: A Kusairi l Editor: Ghazali Rahman

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Dinas Perkebuhan dan Peternakan (Disbunak) Kalimantan Selatan (Kalsel) tengah mengupayakan terpenuhinya ketersediaan sapi potong menjelang bulan Ramadhan mendatang.

Banjarmasin, Banuaterkini.com - Selain untuk memenuhi kebetuhan sapi potong menjelang Ramadhan, juga untuk mencukupi permintaan sapi potong menjelang Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha tahun 2023.

Untuk itulah, Komisi II DPRD Kalsel beserta Disnakbun Kalsel menyambangi gudang ternak berskala nasional di Provinsi Jawa Timur (Jatim), Senin (20/02/2023).

"Kami sedang mengupayakan untuk pemenuhan kebutuhan sapi potong di Kalsel jelang bulan Ramadhan, hari raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha mendatang," kata Farhani mewakili Komisi II DPRD Kalsel, dikutip Banuaterkini.com dari dprdprovkalsel.go.id, Sabtu (25/02/2023).

Untuk diketahui, Komisi II yang diwakili Fahrani sebagai ketua rombongan bersama Norfajeri dan Iberahim Noor mengajak Disbunak Kalsel untuk bertandang ke Dinas Peternakan Provinsi Jatim.

Menurut Fahrani, Kalsel mempunyai pengalaman yang kurang baik pada tahun lalu, saat itu kebutuhan sapi potong di Kalsel tidak tercukupi.

Akibatnya, kata Farhani, harga sapi potong melonjak tajam. Hal itu disebabkan oleh kebijakan larangan mendatangkan sapi potong dari luar daerah karena sedang maraknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

“Kebutuhan sapi pada Idul Adha yang lalu mencapai 5000 ekor sapi, akan tetapi kemampuan peternak di daerah kita hanya mampu menyediakan sekitar kurang lebih 2000 ekor saja, yang mengakibatkan melonjaknya harga sapi,” ungkap politisi muda PDIP tersebut.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev