Ada Dua Kendala Padamkan Kebakaran di Gudmurah Ciangsana, Ini Kata Gulkamat DKI

Redaksi - Minggu, 31 Maret 2024 | 09:30 WIB

Post View : 1

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan saat memberikan keterangan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/03/2024). Foto: BANUATERKINI/ANTARA/Khaerul Izan.

Meski mengalami banyak kendala akhirnya tim pemadam kebaran gabungan berhasil memadamkan kobaran api yang membakar Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, di Desa Ciangsana, Kabupaten Bogor. 

Banuaterkini.com, BOGOR - Menurut Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan, ada dua kendala saat berupaya pemadaman kebakaran di Gudmurah.

Menurut Satriadi, kendala yang pertama berkaitan dengan potensi ledakan, sehingga pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak aparat setempat.

"Kemudian yang kedua, sumber air jadi kendala karena sumber airnya jauh. Jadi kami pakai sistem bukan statis, tetapi pakai dinamis dibantu oleh Kabupaten Bogor dan Bekasi untuk bisa menyuplai unit kami di depan," kata Satriadi di seperti dikutip dari Antaranews.com, Minggu (31/03/2024).

Ia menjelaskan sumber air dalam sistem dinamis mengharuskan adanya unit untuk mengambil air dari sumber yang jauh dan dibawa ke depan lokasi pemadaman, seperti estafet.

Selain itu, ia mengatakan bahwa penggunaan robot sangat membantu dalam pemadaman kebakaran di Gudmurah tersebut. Bahkan, kata dia, tidak terdapat kendala.

"Robotik itu sangat membantu sekali dalam segi operasi karena memang di situ tempat yang potensi bahaya bagi anggota, maka kita bisa gunakan operasi itu dengan menggunakan peralatan robotik itu," ujarnya.

Sementara itu, Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan mengatakan bahwa kebakaran di Gudmurah Kodam Jaya sudah dapat dipadamkan.

"Pada jam 03.45 WIB tadi dapat kami pastikan titik api sudah bisa dipadamkan," kata Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/03/2024).

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev