BPBD Kalsel Ajukan 10 Helikopter ke BNPB untuk Atasi Karhutla

Banuaterkini.com - Senin, 19 Juni 2023 | 13:33 WIB

Post View : 56

Arsip - Petugas melakukan pemadaman kebakaran lahan menggunakan helikopter MI8 milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Foto: ANTARA/Mushaful Imam.

Editor: Ghazali Rahman

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah mengajukan bantuan sebanyak 10 helikopter kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalsel.

Banjarbaru, Banuaterkini.com - Pelaksana Harian (Plh) BPBD Kalsel, Bambang Deni Mulyadi mengatakan, bahwa pengajuan helikopter tersebut dimaksudkan untuk memperluas jangkauan area kebakaran yang tidak bisa dilalui transportasi darat.

“Helikopter kita gunakan untuk menjangkau area kebakaran yang sulit dilalui oleh transportasi darat,” kata kata Bambang Dedi Mulyadi, Minggu (18/06/2023) seperti dikutip Antaranews.com. 

Bambang menyebutkan proposal bantuan helikopter tersebut telah diterima oleh BNPB dan kedatangan helikopter direncanakan pada akhir Juni hingga Juli mendatang.

“Kita terus berkoordinasi dengan BNPB agar bantuan helikopter secepatnya didatangkan,” ucapnya, dikutip Banuaterkini.com, Senin(19/06/2023).

Ia menuturkan terkait 10 bantuan helikopter tersebut memiliki jenis dan fungsi yang berbeda. Dia memaparkan sebanyak dua unit helikopter digunakan untuk berpatroli di seluruh wilayah Kalsel. Sedangkan delapan unit lagi merupakan helikopter “water bombing”.

Bambang mengatakan penanganan karhutla menggunakan helikopter di Kalsel sangat dibutuhkan karena termasuk sebagai daerah rawan karhutla.

Lebih lanjut, medan lapangan di Kalsel juga termasuk sulit karena banyak rawa dan hutan belantara yang sulit dilalui menggunakan transportasi darat.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev