RANS303 INDOSEVEN RANS303

Jejak Sejarah Raja Banjar di Masjid Sultan Suriansyah Kuin Utara

Redaksi - Minggu, 30 Juni 2024 | 15:41 WIB

Post View : 65

Suasana malam di Masjid Sultan Suriansyah, Kuin Utara, Banjarmasin. BANUATERKINI/Reza.

Masjid Sultan Suriansyah, yang juga dikenal sebagai Masjid Kuin, merupakan salah satu masjid tertua di Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Banuaterkini.com, BANJARMASIN - Masjid ini didirikan pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah, raja pertama Kesultanan Banjar yang memeluk agama Islam. 

Sultan Suriansyah sendiri memiliki sejarah yang kompleks dan beragam. Sebelum menjadi raja, namanya adalah Raden Samudera yang beragama Hindu.

Setelah diangkat menjadi raja, namanya diubah menjadi Pangeran Samudera. Sultan Suriansyah kemudian memeluk agama Islam setelah diislamkan oleh Khatib Dayan dari Kerajaan Demak.

Sultan Suriansyah memimpin Kesultanan Banjar yang didirikan pada tahun 1520. Kesultanan Banjar memiliki wilayah yang membentang dari Tanjung Sambar hingga Tanjung Aru.

Ibu kota Kesultanan Banjar saat itu sempat berpindah beberapa kali, terakhir berada di Kayu Tangi atau Martapura masa kini.

Makan Sultan Suriansyah yang berada di Komplek Masjid Sultan Suriansyah Kuin Utara, Banjarmasin. BANUATERKINI/Reza.

Sultan Suriansyah berhasil memimpin Kesultanan Banjar dengan bantuan dari Kerajaan Demak. Kesultanan Banjar banyak mendapatkan upeti dari wilayah kekuasaan dan wilayah yang ditaklukannya.

Sultan Suriansyah juga memiliki masjid yang bersejarah di Kota Banjarmasin, Jalan Pangeran Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Dikutip dari Wikipedia, Masjid Sultan Suriansyah juga menjadi saksi sejarah berdirinya Kesultanan Banjar pada tahun 1520 hingga 1905.

Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev