Masyarakat Pers Kalsel Bakal Gelar Deklarasi Konsorsium Pers Banua dan Dialog Nasional

Banuaterkini.com - Senin, 19 Juni 2023 | 22:35 WIB

Post View : 13

Sejumlah organisasi perusahaan pers dan profesi wartawan bakal mendeklarasikan Konsorsium Pers Banua dan menggelar dialog nasional pada 22 Juni mendatang. Foto: BANUATERKINI/SMSI Kalsel/Anang Fadilah.

Laporan: Misbad l Editor: Ghazali Rahman

Sejumlah organisasi perusahaan pers dan organisasi profesi wartawan Kamis (22/06/2023) mendatang bakal menggelar deklarasi sebuah wadah bersama yang diberi nama Konsorsium Pers Banua (KPB).

Banjarmasin, Banuaterkini.com – Deklarasi KPB ini ditandai dengan kegiatan dialog nasional tema “Pemilu Cerdas dan Pers Bermartabat, Melawan Hoax dan Disinformasi untuk Marwah Banua”.

Kehadiran organisasi menjadi antitesa sekaligus antiklimaks dari semakin maraknya praktek jurnalisme yang mengabaikan kode etik jurnalistik.

Para penggagasnya, menganggap perlu kesepahaman bersama untuk mengawal dan menjaga marwah atau martabat pers oleh masyarakat pers sendiri.

Itulah yang mendorong para pimpinan organisasi perusahaan pers dan organisasi profesi wartawan saat bertemu pada Kamis (29/12/2022) tahun lalu bersepakat membuat wadah bersama yang diberi nama Konsorsium Pers Banua.

Menurut Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalsel, Anang Fadilah, keberadaan KPB semata untuk menyamakan visi dan kesepahaman bersama antar masyarakat pers di Kalsel.

 “Kami ingin menyatukan visi dan misi yang dirumuskan menjadi kesepahaman bersama. Karena itu, para ketua organisasi konstituten Dewan Pers di Kalsel bersepakat membentuk satu wadah bersama yaitu Konsorsium Pers Banua,” ujar Anang Fadillah dalam keterangan pers yang diterima Banuaterkini.com, Senin (19/06/2023).

Poster kegiatan deklarasi Konsorium Pers Banua dan Dialog Nasional pada 22 Juni di FISIP ULM Banjarmasin. Foto: BANAUTERKINI/SMSI Kalsel/Anang Fadilah.

Ada beberapa organisasi yang tergabung dalam KPB ini yaitu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel, SMSI Kalsel, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), dan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasiona Indonesia (PRSSNI) Kalsel.

Halaman:

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini

BANNER 728 X 90-rev
Apa yang bisa kami bantu?